Polisi Periksa Helena Lim soal Vaksinasi COVID-19
Gedung Polda Metro Jaya (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi memeriksa Helena Lim terkait dugaan penyalahgunaan keterangan penerima vaksinasi COVID-19 khusus tenaga kesehatan. Pemeriksaan terhadap selebgram dilakukan Polda Metro Jaya.

"Hari ini betul (pemeriksaan Helena Lim)," ujar Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan, Senin, 15 Januari.

Namun Tubagus menyebut belum bisa menyampaikan hasil pemeriksaan tersebut. Termasuk soal dugaan penyalahgunaan identitas. Alasannya, hasil pemeriksaan masih berada di penyelidik.

"Yang jelas sudah diperiksa. Untuk hasilnya sudah selesai atau belum saya nggak monitor," imbuh Tubagus. 

Ada pun sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengungkapkan alasan di balik selebgram Helena Lim bisa menerima vaksin lebih dahulu. Berdasarkan penyelidikan, diketahui jika Helena Lim merupakan pemilik atau keluarga pemilik apotek.

"Di sisi lain diakui bahwa keempat itu adalah pegawai atau pelayan apotek yang ternyata sementara ini diketahui yang bersangkutan (Helena Lim) adalah pemilik dan keluarga," ujar  Riza Sabtu, 13 Februari.

Keempat orang yang dimaksud, kata Riza, antara lain pemilik apotek, istri, anak, dan Helena Lim. Mereka diduga kuta menggunakan data sebagai karyawan apotek agar bisa mendapat vaksin COVID-19.

"Namun, di sisi lain, telah diketahui setidaknya ada potensi penyalahgunaan dari pemilik atau pimpinan apotek terkait data-data yang diberikan," kata dia.

Soal dugaan manipulasi data, Riza menyebut menyerahkan semuanya kepada polisi. Nantinya, polisi yang akan mengungkap dugaan tindak pidana tersebut.

BACA JUGA:


"Masalah ini sudah ditangani oleh kepolisian jadi masyarakat bersabar menunggu hasil dari kepolisian," ungkapnya.

Helena Lim menjadi perbincangan saat memarmerkan dirinya mendapatkan vaksin. Padahal, vaksin itu diutamakan bagi tenaga kesehatan.

Banyak publik yang mempertanyakan latar belakang profesi wanita yang disebut sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk tersebut. Yang publik tahu, Helena adalah penyanyi yang merilis single berjudul Pasrah.