1500 Tentaranya Jadi Korban Empat Bulan Terakhir, Rezim Militer Myanmar Siapkan Serangan Besar-besaran
Ilustrasi tank militer Myanmar. (Wikimedia Commons/KMK from Myanmar)

Bagikan:

JAKARTA - Militer Myanmar telah mengerahkan ribuan tentara ke Myanmar bagian utara dalam beberapa pekan terakhir, dalam apa yang tampaknya merupakan persiapan untuk memberikan tekanan bersama guna menghancurkan pemberontakan anti-kudeta yang telah banyaknya korban tewas di sisi rezim militer Myanmar, menurut penduduk setempat dan sumber-sumber dalam perlawanan bersenjata.

Negara Bagian Chin dan wilayah Sagaing dan Magway telah mengalami peningkatan kekuatan militer sejak awal bulan, kata sumber tersebut. Ini terjadi setelah berbulan-bulan bentrokan sengit antara pasukan junta dan kelompok perlawanan lokal yang beroperasi sebagai bagian dari Tentara Pertahanan Rakyat (PDF), bentukan pemerintah bayangan atau Pemerintah Persatuan Nasional (NUG).

Menurut angka yang dikeluarkan oleh NUG, tentara menderita sedikitnya 1.500 korban di lebih dari 700 konflik bersenjata antara Juni dan September di daerah-daerah yang sekarang berada di bawah tekanan paling kuat, mengutip Myanmar Now 14 Oktober.

Sebagai pembalasan atas kerugian ini, rezim telah menyerbu sejumlah desa, memaksa puluhan ribu warga sipil untuk melarikan diri, termasuk menutup akses internet di 25 kotapraja, yang dilihat oleh banyak orang sebagai bukti lebih lanjut dari rencana rezim untuk melakukan operasi militer besar-besaran yang kemungkinan akan menyebabkan peningkatan dramatis dalam korban sipil.

myanmar
Ilustrasi kendaraan militer Myanmar. (Wikimedia Commons/KMK from Myanmar)

Sumber perlawanan juga menunjukkan laporan, Letnan Jenderal Than Hlaing, wakil menteri dalam negeri junta dan kepala Kepolisian Myanmar, telah mengambil alih Komando Regional Barat Laut militer, yang mengawasi operasi di Negara Bagian Chin, Sagaing dan Magway. wilayah, sebagai indikasi fokus rezim di Myanmar utara sebagai kunci upayanya untuk mengkonsolidasikan kontrol atas negara tersebut.

Sementara itu, beberapa media lokal melaporkan, komandan sebelumnya, Brigjen Phyo Thant, telah ditahan karena diduga berencana membelot ke pasukan perlawanan dan berlindung di daerah yang dikuasai oleh kelompok etnis bersenjata.

Menurut sumber militer dan perlawanan yang dikutip dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh The Irrawaddy Jumat lalu, junta telah mengirim setidaknya empat batalyon, atau sekitar 3.000 tentara, ke Myanmar barat laut untuk mengambil bagian dalam “operasi pembersihan” terhadap pasukan anti-rezim.

Myanmar Now tidak dapat mengkonfirmasi angka-angka ini, tetapi penduduk setempat dan sumber perlawanan mengatakan, mereka telah melihat ratusan truk pasukan rezim militer Myanmar melintasi wilayah itu dalam beberapa pekan terakhir.

Terpisah, Seorang wakil komandan Pasukan Pertahanan Chinland (CDF) di Kotapraja Kapetlet Negara Bagian Chin menerangkan, brigadenya telah mengetahui bahwa konvoi tiga kendaraan lapis baja dan setidaknya 86 truk militer yang sarat dengan tentara telah meninggalkan Pakokku di Wilayah Magway Selasa pagi dan menuju Kanpetlet .

myanmar
Ilustrasi kendaraan militer Myanmar. (Wikimedia Commons/KMK from Myanmar)

"Kami mendengar mereka melewati Pauk pagi ini," katanya pada hari Selasa, mengacu pada sebuah kota di Magway sekitar 110 km timur laut Kanpetlet.

Menjelang sore, konvoi telah mencapai bandara di Kyaukhtu, sebuah kota di perbatasan antara Negara Bagian Chin dan Wilayah Magway dan kurang dari 60 km dari Kanpetlet, menurut outlet media yang berbasis di Chin, Zalen News.

Empat hari sebelumnya, sekitar 40 truk militer dan dua kendaraan lapis baja meninggalkan Gangaw di Magway dan tiba di Kalay di Sagaing, menurut penduduk setempat. Mereka mengatakan, dua kendaraan lapis baja dan 14 truk militer berangkat ke Tedim di Negara Bagian Chin utara pada hari berikutnya. Sementara, kendaraan yang tersisa berangkat ke tujuan yang tidak diketahui di Negara Bagian Chin utara pada Hari Senin.

Pada Hari Minggu, sekitar 30 anggota keluarga personel militer berpangkat tinggi yang berbasis di Kalay dievakuasi dengan pesawat militer, menurut seorang penduduk kota yang berbicara dengan syarat anonim. Langkah itu telah menimbulkan kekhawatiran bahwa militer berencana untuk meluncurkan serangan di wilayah itu segera, tambahnya.

"Ada banyak pesawat militer yang mendarat dan lepas landas baru-baru ini, serta bala bantuan dan tank militer. Orang-orang mengatakan akan ada bentrokan serius segera. Jadi mungkin itu sebabnya keluarga personel tentara dievakuasi," paparnya.

myanmar
Ilustrasi peluncur rudal militer Myanmar. (Wikimedia Commons/Haruno Sakura from Team-7)

Militer tidak hanya mengirim bala bantuan ke Sagaing dan Chin, tetapi juga ke wilayah Yaw di Magway, menurut juru bicara kelompok perlawanan lokal utama, Angkatan Pertahanan Yaw. Wilayah Yaw menghubungkan Magway ke Chin di barat dan Sagaing di utara.

Juru bicara itu mengatakan, kelompoknya dan sekutu siap untuk serangan militer Myanmar, tetapi membutuhkan lebih banyak dukungan dari NUG untuk menghadapi musuh yang memiliki senjata lebih canggih dan tidak keberatan menggunakan kekuatan berlebihan.

"Kami masih dalam posisi perang defensif," tukasnya, mencatat pasukan perlawanan terutama mengandalkan penyergapan dan taktik gerilya lainnya untuk memperlambat kemajuan tentara.

Sementara di Pale Township Wilayah Sagaing, seorang pemimpin PDF lokal mengatakan intensitas pertempuran telah meningkat dan kemungkinan akan terus memburuk sampai satu pihak menang.

"Militer telah melancarkan serangan setiap tiga atau empat hari di daerah kami, mengerahkan lebih banyak pasukan. Ketegangan antara kelompok perlawanan dan militer telah tinggi. Sampai satu pihak kalah telak, akan terjadi bentrokan yang lebih parah," kata pemimpin yang mengidentifikasi dirinya sebagai Naga.

myanmar
Ilustrasi kendaraan lapis baja militer Myanmar. (Wikimedia Commons/KMK from Myanmar)

Tujuan militer adalah untuk menghancurkan perlawanan “berkeping-keping,” menurut Zin Yaw, seorang mantan kapten tentara yang membelot ke perlawanan anti-rezim.

"Bahkan jika pasukan perlawanan menghentikan serangan mereka terhadap pasukan militer, militer akan mencoba untuk menghancurkan mereka," tandasya, seraya mencatat ini adalah strategi yang biasa dilakukan militer ketika menghadapi oposisi yang kuat.

Ketika laporan 'mengkhawatirkan' tentang tindakan militer terus mengalir keluar dari negara itu, badan hak asasi manusia PBB OHCHR telah meminta masyarakat internasional untuk bergabung untuk mengatasi krisis yang sedang berlangsung di Myanmar.

"Telah ada pola serangan yang ditetapkan oleh Tatmadaw (militer) terhadap individu yang tidak bersenjata menggunakan kekuatan mematikan, penghancuran properti tempat tinggal, penahanan sewenang-wenang massal dan kematian dalam tahanan militer," kata juru bicara OHCHR Ravina Shamdasani kepada wartawan pada Hari Jumat pekan lalu.

"Kami mendesak masyarakat internasional untuk berbicara dengan satu suara, untuk mencegah dilakukannya pelanggaran hak asasi manusia yang lebih serius terhadap rakyat Myanmar," pungkasnya.

Kudeta Myanmar. Redaksi VOI terus memantau situasi politik di salah satu negara anggota ASEAN itu. Korban dari warga sipil terus berjatuhan. Pembaca bisa mengikuti berita seputar kudeta militer Myanmar dengan mengetuk tautan ini.