KSAD Andika Pastikan Eks Atlet Voli Wanita Aprilia Manganang Adalah Laki-laki
Aprilia Manganang (DOK. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - KSAD Jenderal Andika Perkasa memastikan atlet voli wanita Aprilia Manganang adalah laki-laki. Pemeriksaan medis terhadap Aprilia Manganang sudah dilakukan. 

“Dari hasil pemeriksaan ternyata dilihat dari pemeriksaan urologi ternyata Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki. Bahkan tidak ada organ internal jenis kelamin wanita. Pemeriksaan hormonal pun begitu, hormon testoteron juga diukur sehingga secara faktual dan ilmiah kita meyakini Sersan Manganang lebih memiliki hormonal kategori laki-laki. Pemeriksaan radiologi juga menyatakan hal yang sama,” kata KSAD Andika kepada wartawan, Selasa, 9 Maret. 

Pemeriksaan medis ini mulanya dilakukan di RS Wolter Mongisidi, Manado, Sulawesi Utara pada 3 Februari. Tapi keterbatasan rumah sakit membuat TNI AD memutuskan membawa Aprilia Manganang ke Jakarta. 

“Sersan Aprilia ini diklaim sebagai seorang wanita, memiliki akte kelahiran seorang wanita tapi penampilan fisiknya juga tidak seperti wanita lainnya,” katanya.

“Saya berkonsultasi menawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia.  Sersan Manganang rupanya menyambut dengan sangat excited, rupanya inilah yang ditunggu-tunggu sehingga saya hadrikan tim RSPAD lengkap, kita periksa secara lengkap di RSPAD dengan menggunakan fakes yang kami punya,” papar KSAD.