Kapolri Silaturahmi ke LDII, Ajak Sinergi Jaga Kamtibmas dan Penanganan COVID-19
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambangi kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Kapolri mengajak LDII ikut bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtimbas).

"Tentunya seperti kunjungan kami ke ormas yang lain bahwa di dalam kegiatan dan kesempatan ini bahwa kami dari Polri tentunya memiliki program-program yang tentunya kami selalu berharap bisa bersinergi dengan ormas-ormas khususnya LDII," kata Jenderal Listyo Sigit kepada wartawan, Selasa, 9 Maret.

"Karena memang kita tahu bahwa di dalam melaksanakan tugas, dalam menjaga kamtibmas, kami harus bersinergi dengan program-program yang terkait dengan masalah kamtibmas," sambung dia.

Listyo Sigit menyebut kerja sama dengan seluruh organisasi Islam sangat penting. Terlebih untuk mengatasi penyebaran COVID-19.

Dengan menggandeng semua pihak, termasuk organisasi Islam, Kapolri berharap pemulihan kondisi Indonesia dari pandemi bisa segera terjadi.

"Tentunya kami perlu kerja sama, dan alhamdulillah hari ini kami banyak berdiskusi dengan bapak ketua umum beserta seluruh pengurus yang ada sehingga program-program ke depan yang telah terbangun selama ini. Seperti kegiatan dari kamtibmas dan beberapa kegiatan yang bisa disinergikan di lapangan ini akan kita teruskan dan kembangkan," papar Listyo Sigit.

Sementara itu, Pj Ketua Umum LDII Chriswanto Santoso menyambut baik ajakan Kapolri untuk bersinergi. Bagi LDII, permasalahan di Indonesia termasuk penyebaran COVID-19 merupakan tanggung jawab pemerintah termasuk masyarakat.

"DPP LDII memahami bahwa permasalahan bangsa ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. Akan tetapi kami sebagai salah satu komponen bangsa ini juga punya kewajiban tanggung jawab menjadikan Indonesia ini menjadi aman dan sejahtera," kata Chriswanto.

Dalam momen pertemuan ini, Chriswanto mengundang Kapolri menghadiri musyawarah nasional (munas) LDII yang ke-9. Munas rencananya diselenggarakan pada 7-8 April secara daring.

"Kebetulan juga kami insyaallah pada tanggal 7-8 April akan mengadakan munas ke-9 LDII. Maka kunjungan beliau ini sekaligus, kami mohon kepada kesediaan beliau untuk memberikan pengarahan pada munas nanti karena akan didengar oleh seluruh Indonesia melalui daring," ujar Chriswanto.