BMW Manufacturing Akan Gunakan Robot Humanoid untuk Produksi Otomotif
BMW Manufacturing gunakan robot dalam proses produksi (foto: tangkapan layar YouTube Figure)

Bagikan:

 

JAKARTA – Figure, perusahaan pengembang robot humanoid, mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak kerja sama dengan BMW Manufacturing pada Kamis, 18 Januari lalu.

Melalui perjanjian komersial tersebut, BMW Manufacturing akan menggunakan robot humanoid buatan Figure dalam produksi otomotif. Robot-robot ini akan mengerjakan tugas manufaktur yang sulit dan tidak aman bagi manusia.

Dengan menggunakan robot humanoid bernama Figure 01, karyawan BMW Manufacturing bisa ditempatkan di bidang yang lebih aman. Robot ini tidak akan menggantikan peran manusia sepenuhnya karena masih ada pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan oleh robot.

“Robot Figure akan memungkinkan perusahaan meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan konsisten,” kata Pendiri dan CEO Figure Brett Adcock dalam keterangan resmi.

Sebelum menempatkan Figure 01 di BMW Manufacturing, Figure akan mengidentifikasi kinerja robot dalam produksi otomotif. Setelah memastikan Figure 01 bekerja dengan baik, robot ini akan ditempatkan di fasilitas manufaktur BMW di Spartanburg.

Figure tidak menjelaskan berapa banyak robot yang akan dikirim ke fasilitas tersebut. Namun, perusahaan itu mengatakan kepada Reuters bahwa mereka akan mengirimkan jumlah yang lebih sedikit terlebih dahulu hingga target kinerja terpenuhi.

Sementara itu, pihak BMW Manufacturing menyadari bahwa industri otomotif terus berkembang dengan pesat. Maka dari itu, mereka ingin mengintegrasikan teknologi inovatif ke dalam produksi mereka.

“Solusi robot serba guna memiliki potensi untuk membuat produktivitas menjadi lebih efisien, untuk mendukung permintaan konsumen kami yang terus meningkat, dan memungkinkan tim kami untuk fokus pada transformasi yang ada di depan kami," kata CEO BMW Manufacturing Robert Engelhorn.