Bagikan:

JAKARTA - Dongfeng Motor salah satu produsen mobil terbesar di China yang memproduksi berbagai model mobil menyebut akan mengerahkan robot humanoid untuk manufaktur mobil.

Mengutip dari laman Carnewschina, Selasa, 4 Juni, hal tersebut berkat upaya kolaboratif Dongfeng Liuxhou Motor yang merupakan anak perusahaan Dongfeng Motor Corporation, dengan Ubtech Technologi, sebuah perusahaan yang memang mengembangkan dan memproduksi robot cerdas untuk beragam aplikasi, termasuk pendidikan, hiburan, dan keperluan industri.

Keduanya menandatangani perjanjian kerja sama strategis untuk menggunakan robot humanoid di industri manufaktur otomotif. Kemitraaan ini juga merupakan kemajuan signifikan dalam mengintegrasikan teknologi robotika mutakhir ke dalam proses manufaktur tradisional.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, robot humanoid kelas industri Ubtech, Walker S, akan ditempatkan di Dongfeng Liuzhou Motor. Walker S akan melakukan berbagai tugas dalam proses pembuatan mobil, seperti pemeriksaan sabuk pengaman, pengujian kunci pintu, pemeriksaan kualitas bodi, pengisian oli, dan penerapan label.

"Walk S dirancang untuk tugas inspeksi, perakitan, dan logistik. Kami bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manufaktur dan mempromosikan robot humanoid di industri otomotif," kata General Manager Dongfeng Liuzhou Motor Lin Changbo.

Terkait robot humanoid Walker S memiliki tinggi 1,7 meter yang tentunya menyerupai proporsi manusia. Robot satu ini dilengkapi dengan algoritma yang memungkinkan komunikasi dengan sistem pabrik dan berbagai data secara real time.

Robot satu ini juga memiliki kemampuan sensorik canggih yang dapat memahami lingkungan, serta berinteraksi dengan objek dan manusia. Tentunya hal ini menjadi kemajuan yang luar biasa.