Bagikan:

JAKARTA - Merek asal China yaitu GAC mengumumkan bahwa akan meluncurkan versi global dari sedan listriknya Aion Hyper GT, yang berlangsung pada 6 Juni ini.

Mengutip dari laman Carnewschina, Selasa, 4 Juni, sebenarnya Hyper GT sudah dikenalkan 2023 silam yang disiapkan jadi penantang Tesla Model 3.

Hyper GT adalah model pertama yang dapat ditukar baterai dari merek tersebut. Model satu ini dibanderol mulai dari 219.985 yuan atau Rp491 jutaan.

Balik ke model global, nantinya akan dilengkapi dengan platform 800V, konfigurasi bantuan mengemudi tingkat lanjut atau Advanced Driver Assistance System (ADAS), dan memiliki jangkauan jelajah 710 km.

Menariknya, mobil satu ini dilengkapi dengan teknologi baru dari GAC yang bernama Mapless Intelligent Driving dan sudah diuji coba di berbagai jalan, seperti di Milan, Bangkok hingga Hong Kong.

Dari namanya saja 'Model Global' artinya mobil tersebut kemungkinan besar akan diluncurkan juga untuk pasar luar negeri termasuk di China. Langkah ini juga mempertegas ekspansi GAC ke pasar Internasional.

Secara spesifikasi, Hyper GT diposisikan sebagai sedan berukuran sedang dengan dimensi panjang 4.886 mm, lebar 1.885 mm dan tinggi 1.449 mm dengan wheelbase 2920 mm. Tenaganya berasal dari motor listrik belakang yang menghasilkan tenaga 340 hp dan 434 Nm. Waktu akselerasi 0 – 100 km/jam adalah 4,9 detik.

5
Hyper GT dengan pintu belakang gullwing. (Dok. X/@TychodeFeijter)

Namun perbedaan besar yang diamati VOI, antara model yang diluncurkan di China dan versi global adalah model pintu mobilnya, di mana saat diluncurkan di China mobil ini memiliki pintu belakang gullwing sementara untuk versi globalnya adalah scissor doors atau pintu gunting.

3
Hyper GT dengan pintu gunting.

Bicara GAC Aion sebenarnya sudah masuk Indonesia dan akan membawa dua model sekaligus yaitu Aion Y Plus dan GAC Hyper HT. Merek China tersebut menggandeng PT Indomobil Energi Baru, memegang hak untuk distribusi, penjualan, dan purna jual.

"Sejalan dengan komitmen Indomobil Group dan peran aktif korporasi dalam pengurangan emisi karbon, kami dengan bangga menghadirkan GAC Aion sebagai salah satu dari tiga manufaktur kendaraan listrik terbaik di dunia," kata Presiden Direktur Indomobil Group, Jusak Kertowidjojo, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Tentunya tak menutup kemungkinan model global satu ini juga akan masuk pasar tanah air, mengingat pasar mobil listrik semakin bergairah.