Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi dari China Huawei diketahui sudah masuk ke industri otomotif dengan meluncurkan mobil dari merek Aito, yakni M5, M7, dan M9. Meski tergolong belum lama di industri ini, dilaporkan mereka serius menyasar produksi kendaraan super mewah.

Dilaporkan CarBuzz, Senin, 3 Juni, melalui usaha patungan Huawei dengan pabrikan China JAC, mereka siap menantang merek mewah seperti Maybach milik Mercedes-Benz dan Rolls-Royce milik BMW namun dengan harga lebih kompetitif.

Pabrikan ini berencana untuk meluncurkan kendaraan dengan harga mencapai 1 juta yen (setara Rp2,2 miliaran) dan akan berada di bawah harga dari rata-rata kendaraan bermerek Maybach maupun Rolls-Royce yang mencapai 1,5 juta hingga 2 juta yuan (sekitar Rp3,3 miliaran sampai Rp4,4 miliaran).

“Tolok ukur kami jauh melebihi level Maybach dan Rolls-Royce Phantom. Ini lebih mewah, lebih mewah dan lebih nyaman dari mereka. Yang terjual lebih dari satu juta yen itu dipastikan sangat mewah,” kata Chairman of the Board of Directors Consumer BG Huawei Yu Chengdong.

Ini merupakan salah satu dari sekian rencana ambisius yang akan dilakukan oleh raksasa teknologi dari negeri tirai bambu ini. Sebelumnya, mereka telah meluncurkan berbagai model yang diyakini memiliki kemampuan yang sama seperti mobil Eropa dan Amerika.

Sejumlah model yang dihadirkan akan memiliki teknologi yang dibangun oleh JAC di fasilitas yang akan diungkap dalam beberapa bulan mendatang. Mobil berwujud sedan ini akan menjadi pesaing dari BMW Seri-7 atau Mercedes EQS pada tahun 2025, namun fiturnya belum diungkap.

Sebagai gambaran, model Huawei seperti Luxeed S7 maupun Aito M9 memiliki jangkauan 482 km hingga 643 km. Kemungkinan, kendaraan mewahnya akan memiliki jangkauan lebih impresif.

Chengdong menyebut, merek mewah dari usaha patungan dengan JAC ini akan diposisikan di puncak di antara merek milik Huawei lainnya.

“JAC diposisikan sebagai ultra-high-end, Xiangjie diposisikan sebagai sedan high-end, dan Zhijie diposisikan sebagai mobil broad mid-range dan mid-to-high-end, yaitu mobil yang memiliki jangkauan luas bagi orang yang mampu membelinya,” pungkas Chengdong.