GAC Aion Bakal Boyong Aion Y Plus dan Hyper HT ke Pasar Indonesia, Salah Satu Meluncur di GIIAS
GAC Aion Y Plus. (Dok. GAC.com)

Bagikan:

JAKARTA - Merek mobil asal China terus menyerbu pasar otomotif Indonesia, terbaru ada GAC Aion New Energy Automobile Co., Ltd., yang akan membawa dua model sekaligus ke pasar Indonesia.

Bekerja sama dengan Indomobil Group untuk mendistribusikan mobil listrik GAC Aion di Indonesia, akan ada empat model yang dibawa, termasuk dua model terlebih dahulu yaitu GAC Aion Y Plus dan Hyper HT.

"Model yang akan di bawa di Indonesia itu pertama ada Aion Plus dan Hyper HT itu sudah populer," kata CEO PT Indomobil Energi Baru Andry Ciu, kepada awak media saat acara penandatanganan kerja sama, di Indomobil Tower, Jakarta, Selasa, 2 April.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu model yang di sebutkan di atas akan diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

"Salah satunya akan diluncurkan di GIIAS dan satu unit lagi diperkenalkan lebih dahulu untuk pre order di bulan Juni, tapi tergantung jadwal untuk bawa masuk mobilnya," tambahnya.

Terdapat alasan mengapa dua model tersebut menjadi pilihan untuk didatangkan di Indonesia, menurutnya segmen SUV menjadi market terbesar saat ini.

"Di Indonesia ini kan market terbesar ada di segmen SUV, kalau kita akan penuhi di segmen tersebut," paparnya.

Tak hanya menghadirkan mobil di Indonesia, bersama Indomobil mobil listrik asal China ini juga akan bangun pabrik di tanah air, lebih tepatnya pada penghujung tahun 2024.

"GAC bawa sesuatu yang beda di Indonesia, melihat bahwa Indonesia sebagai basis ekonomi sangat kuat, dan berharap kedepannya menggunakan (Indonesia) menjadi basis untuk ekspor," kata Managing Director GAC Aion New Energy Automobile Co., Ltd Mr. Gu Hui Nan.

Seperti diketahui, GAC Aion mempercepat implementasi strategi globalisasi pada tahun 2023 dan, kini telah memasuki pasar ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam dan Filipina. Selain itu, GAC Aion juga telah berinvestasi dan membangun basis manufaktur luar negeri pertamanya di Thailand.

Saat ini, GAC Aion akan mulai menyediakan produk energi baru yang lebih andal, cerdas dan berteknologi tinggi untuk Indonesia. Kendaraan listrik GAC Aion menghadirkan pengalaman mobilitas energi baru yang berkualitas tinggi dan dapat mendorong pengembangan industri kendaraan energi baru di Indonesia.

Selain memiliki populasi penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki pasar otomotif dan tingkat perekonomian yang tinggi. Kaya sumber daya mineral dan kebijakan industri yang mendukung kendaraan ramah lingkungan merupakan salah satu alasan Indonesia menjadi basis produksi setelah Thailand.