Bagikan:

JAKARTA - Anak perusahaan kendaraan listrik Geely Holding Group, Zeekr, tengah bereksperimen menggunakan robot humanoid di pabriknya, menjadikannya produsen kedua di China setelah Nio yang melakukan hal serupa.

Mengutip laman CNevpost, Rabu, 7 Agustus, robot humanoid yang digunakan bernama Walker S Lite dari UBTech Robotics. Robot ini telah mulai beroperasi pada awal Juli lalu.

"Sampai hari ini, Walker S Lite, produk ringan baru UBTech untuk sektor manufaktur dan logistik cerdas, telah bekerja di pabrik Zeekr selama 21 hari berturut-turut," kata perwakilan perusahaan.

Di pabrik tersebut, robot humanoid membantu karyawan dalam tugas pengangkatan, dengan tingkat kesulitan pekerjaan yang termasuk tinggi di industri.

"Pengoperasian robot humanoid di pabrik Zeekr adalah hasil kerja sama antara UBTech, Geely Holding, dan Miracle Automation Engineering," tambah keterangan tersebut.

Miracle Automation, penyedia sistem logistik otomatis, mengumumkan pada 2 Agustus bahwa mereka memenangkan tender untuk proyek conveyor jalur utama perakitan di proyek F3-1 milik Nio, memperdalam kerja sama antara kedua perusahaan setelah proyek di pabrik F4 milik Nio.

Geely akan menyediakan skenario aplikasi untuk produk dan solusi seri Walker S UBTech, sementara Miracle Automation akan menyediakan pengumpulan data lini produksi, pengembangan proses, dan desain peningkatan skenario untuk pelatihan robot humanoid.

"Ketiga pihak tersebut kemudian akan bekerja sama untuk mendorong penggunaan robot humanoid dalam skenario manufaktur cerdas otomotif dan komponen," kata UBTech.

Selama pelatihan di lokasi selama tiga minggu, Walker S Lite menggunakan navigasi Visual Simultaneous Localization and Mapping (VSLAM) semantik, pembelajaran imitasi menyeluruh, pengenalan visual, dan kontrol gerakan halus untuk menavigasi dan berjalan secara otonom di jalur perakitan yang berbeda, serta bekerja sama dengan kendaraan berpemandu otomatis (AGV).

7

Menariknya, Walker S Lite, yang dilengkapi dengan penggerak servo berperforma tinggi dan sensor gaya enam dimensi, dapat berjalan stabil sambil mengangkat kotak seberat 15 kilogram.

Zeekr adalah produsen kendaraan listrik terbaru yang bereksperimen dengan robot humanoid di pabrik, yang siap untuk lebih mengotomatiskan lini produksi yang sudah canggih.

"Ini adalah pertama kalinya Walker S menjalani pelatihan di lokasi pabrik kendaraan energi baru (NEV)," tambah UBTech.

Di pabrik Nio, Walker S memanfaatkan kemampuan pengambilan dan transmisi gambar waktu nyata untuk berpartisipasi dalam pemeriksaan kualitas kunci pintu, sabuk pengaman, penutup lampu depan, serta mampu memasang logo kendaraan.