Bagikan:

JAKARTA – Apple telah menjanjikan peluncuran Rich Communication Services (RCS) ke dalam iOS 18. Meski perusahaan itu sudah meluncurkan iOS 18 beta 2, pengguna masih belum melihat dukungan RCS.

Berbeda dengan SMS, RCS merupakan layanan komunikasi yang lebih baik dan lebih kaya fitur. Standar perpesanan generasi terbaru ini bisa mengirimkan teks dengan berbagai macam lampiran media hanya dengan menggunakan data atau Wi-Fi.

Oleh karena itu, banyak yang menanti kehadiran RCS di iPhone karena para pengguna tidak perlu lagi menghubungi ponsel Android melalui SMS. Sayangnya, belum ada tanda-tanda peluncuran RCS sejak pengujian beta pertama dirilis.

Namun, ada sedikit perkembangan di pengujian kedua. Beberapa pengembang sudah melihat tombol RCS di Pengaturan. Tombol ini hanya bisa dilihat oleh sebagian kecil pengembang dan belum bisa digunakan meski fiturnya sudah diaktifkan.

Dilansir dari 9to5mac, fitur ini masih belum tersedia karena dukungan RCS bergantung dengan bundel yang diperbarui oleh operator lain. Hal ini perlu dilakukan agar layanan RCS bisa digunakan, tetapi baru beberapa operator yang memperbarui paket mereka.

Sejauh ini, hanya dua operator yang telah memperbarui paket mereka, yaitu AT&T dan T-Mobile di AS. Para operator masih memiliki waktu untuk memperbarui paket mereka, tetapi tidak diketahui pasti kapan tenggat waktu yang diberikan oleh Apple.

Dukungan RCS harus sudah aktif pada September mendatang saat iOS 18 diluncurkan. Sepertinya, layanan ini sudah bisa digunakan saat peluncuran iOS 18 beta publik diluncurkan pada Juli mendatang.