Bagikan:

JAKARTA – Belum lama ini, Apple dilaporkan sedang mengalihkan fokusnya ke pembuatan Vision dengan harga murah. Meski awalnya kesulitan, sepertinya Apple sudah menemukan cara untuk memangkas biayanya.

Berdasarkan laporan Bloomberg, prototipe dari headset Vision termurah diberi nama N107. Model asli dari perangkat ini memiliki bidang pandang yang lebih sempit dibandingkan Vision Pro dan akan bergantung dengan perangkat lain buatan Apple.

Untuk bisa beroperasi tanpa masalah, Vision harus terikat dengan iPhone atau Mac. Ini merupakan perubahan yang sangat besar dari Vision Pro karena teknologi komputer spasial itu bisa berdiri sendiri tanpa perlu bantuan dari perangkat lain.

Namun, ditambatkannya headset Vision ke iPhone atau Mac ini masih dipertimbangkan oleh Apple. Meski nantinya Vision bergantung dengan perangkat lain, pengguna masih bisa menggunakan fitur-fitur penting yang ada di Vision Pro.

Apple memang sedang fokus mengembangkan Vision untuk mendongkrak penjualan headset mereka, tetapi perusahaan itu tidak akan berhenti mengembangkan generasi kedua dari Vision Pro. Apple bahkan sudah membuat prototipenya.

Model Vision Pro generasi kedua disebut sebagai N109 dan terlihat sangat mirip dengan generasi pertamanya. Hanya saja, model terbaru ini akan menggunakan prosesor yang lebih cepat dan ada beberapa fitur yang akan ditingkatkan.

Kedua perangkat ini akan dirilis di waktu yang berbeda. Apple menargetkan peluncuran Vision dengan harga murah di akhir tahun 2025, sedangkan Vision Pro generasi kedua ditargetkan rilis paling cepat pada tahun 2026.