Bagikan:

JAKARTA – X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan kemampuan live streaming. Sama seperti fitur telepon dan video call, live streaming akan terbatas bagi akun Premium.

Disampaikan melalui akun Live pada Sabtu, 22 Juni, platform tersebut mengatakan bahwa fitur baru ini memang dirancang untuk pelanggan Premium. Jika pengguna X dengan akun gratis tertarik untuk menggunakan fiturnya, mereka harus beralih ke paket Premium.

"Hanya pelanggan Premium yang dapat melakukan live streaming (membuat live streaming video) di X. Ini termasuk melakukan live streaming dari encoder dengan integrasi X. Tingkatkan ke Premium untuk terus ditayangkan," tulis akun Live.

Meski pengumuman ini sudah dibagikan, X belum menentukan tanggal peluncuran fiturnya. Platform itu juga tidak menjelaskan apakah fitur ini akan tersedia di beberapa negara atau akan diluncurkan secara global.

Sebenarnya, langkah ini tidak mengejutkan karena Elon Musk berusaha memperoleh lebih banyak pendapatan di platform X. Musk bahkan berencana menjadikan X sebagai platform berbayar untuk menghindari masalah spam dan bot.

Kebijakan baru ini sudah diterapkan di beberapa negara seperti Filipina dan Selandia Baru. Pengguna yang baru bergabung ke platform tersebut harus membayar 1,75 dolar AS (Rp16 ribu). Jika tidak membayar, pengguna hanya bisa mengikuti akun lain dan membaca postingan.

Di Indonesia, platform X menawarkan tiga paket berbayar, di antaranya Basic, Premium, dan Premium Plus. Paket Basic dibanderol dengan harga Rp64 ribu, Premium seharga Rp164 ribu, dan Premium Plus seharga Rp349 ribu. Harga ini belum termasuk pajak.