Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan penambahan fitur untuk pengguna YouTube Premium pada Senin 10 April. Salah satu penambahan yang paling dinantikan adalah dukungan iOS SharePlay, yang mengikuti rilis fitur serupa dari Google di panggilan video Meet.

Perusahaan tersebut mengatakan dukungan iOS SharePlay akan tiba "dalam beberapa minggu ke depan" untuk pelanggan YouTube Premium. Apple meluncurkan SharePlay pada tahun 2021 sebagai respons terhadap lockdown pandemi, memungkinkan orang untuk menonton media bersama melalui layanan panggilan video Apple.

Namun, YouTube terlambat bergabung karena banyak layanan streaming video lainnya, seperti Disney+, HBO Max, Hulu, dan banyak lainnya, telah kompatibel dengan SharePlay selama berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun. Namun Netflix masih menjadi penolak terakhir. Dengan asumsi bahwa YouTube SharePlay berfungsi seperti Google Meet Live Sharing, hanya orang yang menyiapkan panggilan yang perlu memiliki akun Google yang berlangganan YouTube Premium; peserta lain tidak perlu memiliki akun tersebut.

Google juga menambahkan antrian video YouTube ke perangkat seluler. Pelanggan Premium sekarang dapat menambahkan video baru untuk ditonton selanjutnya - seperti yang telah mereka lakukan di web sejak 2019. Versi mobile fitur tersebut awalnya muncul pada akhir tahun lalu dalam versi beta di bagian "Coba fitur baru" aplikasi Android.

Fitur lain yang akan tiba "dalam beberapa minggu ke depan" adalah streaming 1080p yang lebih baik untuk pelanggan YouTube Premium di iOS. Google mengakui fitur tersebut sedang diuji coba pada bulan Februari setelah sekelompok kecil pengguna melaporkan melihat opsi tersebut. Ini menggunakan bitrate yang lebih tinggi (YouTube mengirimkan lebih banyak data per detik), yang seharusnya menghasilkan gambar yang lebih baik. Selama pengujian beta, Google mengklaim kualitas streaming 1080p standar tidak akan terpengaruh, sehingga tidak akan menurunkan kualitas video untuk pengguna gratis untuk mendorong langganan.

Pelanggan Premium di Android, iOS, dan web juga akan segera melihat fitur baru yang memungkinkan mereka dengan mudah melanjutkan menonton video YouTube dari perangkat lain. Selain itu, fitur Smart Downloads baru di perangkat seluler akan secara otomatis menambahkan video yang direkomendasikan ke perpustakaan Anda (saat terhubung ke WiFi) untuk ditonton secara offline. Tentu saja, jika Anda tidak ingin membuang penyimpanan, Anda dapat mematikan fitur tersebut di menu pengaturan aplikasi.