Bagikan:

JAKARTA - Google telah memperingati pemilik perangkat Nest Hub bahwa mereka tidak akan dapat lagi mengakses asisten suara aplikasi dan gim mulai pada bulan Juni 2023 mendatang. 

Keputusan ini datang bersamaan ketika Google juga menghentikan dukungan untuk Tindakan Percakapan (Conversation Actions), sebuah platform yang memungkinkan pihak ketiga mengembangkan aplikasi untuk Asisten Google. 

Conversation Actions pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Menggunakan platform ini, para pengembang dapat membuat aplikasi yang mendukung asisten suara dari Google. Ini  berfungsi di ponsel Android, tablet, jam tangan Wear OS, Google/Android TV, dan bahkan mobil (Otomatis/Otomotif).

Google kemudian menambahkan dukungan untuk input sentuh dengan Interactive Canvas, yang memungkinkan pengembang membuat gim untuk Nest Hub dan Smart Display lainnya. 

Menurut laporan dari 9to5google dan Appuals, Google menghapus dukungan untuk Conversation Actions karena raksasa penelusuran itu ingin memfokuskan Asisten nya di Android.

"Kami akan terus berinvestasi di semua pengalaman Asisten populer yang disukai pengguna, seperti Timer, Media, Otomatisasi Rumah, Komunikasi, dan banyak lagi," kata Google pada bulan Juni tahun lalu. 

Perusahaan juga mengatakan kepada bahwa mereka tetap fokus untuk membangun pengalaman keluarga. Langkah ini dilakukan sebelum ledakan AI generatif yang sedang berlangsung yang ditugaskan untuk dikembangkan oleh tim Asisten. 

Sebagai akibat dari perubahan ini, pengguna Nest Hub tidak dapat lagi mengakses gim, cerita, dan pengalaman pendidikan yang diluncurkan menggunakan tab "Game" di Layar Smart atau dengan mengatakan "Hai Google, bicaralah dengan [X]."