Bagikan:

JAKARTA - Google akan menghentikan dukungan untuk Dropcam dan sistem keamanan rumah Nest Secure dalam satu tahun, pada tanggal 8 April 2024. Kedua produk ini adalah beberapa produk Nest yang belum dipindahkan ke aplikasi Google Home, dan hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi Google Home yang baru mungkin akan segera hadir, setidaknya dalam waktu setahun.

Google juga akan menghentikan dukungan untuk beberapa koneksi legacy Works with Nest, tetapi baru akan dilakukan pada tanggal 29 September.

Dropcam telah berjalan dengan baik di Kamera Dropcam yang sudah ada akan tetap berfungsi hingga tanggal 8 April 2024, setelah itu Anda tidak akan dapat mengaksesnya dari aplikasi Nest. Untuk meredakan kerugian ini, Google menawarkan kamera dalam ruangan Nest Cam yang terhubung secara kabel secara gratis kepada pemilik Dropcam yang berlangganan Nest Aware. Pemilik yang tidak berlangganan akan mendapatkan kupon diskon 50 persen. Promosi ini berlangsung hingga 7 Mei 2024, sehingga Anda masih dapat menggunakan Dropcam Anda sampai tidak berfungsi.

Dropcam (sebelumnya dikenal sebagai Dropcam HD) diluncurkan pada tahun 2012, dan Dropcam Pro pada tahun 2013. Kemudian, Google membeli Nest, dan Nest membeli Dropcam. Pada tahun 2015, Google memisahkan Nest ketika Alphabet terbentuk, dan untuk sementara waktu, Google dan Nest sama-sama membuat produk smart home.

Kemudian, pada tahun 2018, Google kembali menggabungkan Nest, dan sejak itu terjadi banyak perubahan dalam mengintegrasikan produk Nest ke dalam aplikasi Google Home, termasuk menghentikan produk yang tidak bisa diintegrasikan.

Sekarang, setelah menghentikan Dropcam dan Nest Secure, satu-satunya perangkat Nest yang hanya bisa diakses melalui aplikasi Nest adalah Nest Protect, alarm asap pintar, dan Google telah berjanji untuk mengintegrasikannya ke dalam aplikasi Google Home yang baru. Aplikasi yang diperbarui telah dalam tahap pra-rilis publik sejak Oktober, dan masih belum ada tanggal pasti, tetapi kemungkinan sudah dekat, bukan?

Mungkin ada orang yang membeli Dropcam pertama kali pada tahun 2010 dan menukarkannya dengan Dropcam HD gratis pada tahun 2015, dan sekarang akan menukarkannya dengan Nest Cam. Ini cukup bagus dari segi layanan pelanggan, tetapi kurang baik dari segi limbah elektronik.