Ingin Tawarkan <i>Cryptocurrency</i> ke Nasabah, Unit Keuangan Swiss PostFinance Gandeng Sygnum Bank
PostFinance tawarkan kripto ke pelanggannya. (Foto; Dok. Cryptopolitan)

Bagikan:

JAKARTA – Unit jasa keuangan pemerintah Swiss, PostFinance, dikabarkan bermitra dengan penyedia layanan aset digital Sygnum Bank. Kemitraan ini bertujuan untuk menawarkan layanan perdagangan dan penyimpanan cryptocurrency kepada nasabahnya.

Melalui kemitraan itu, bank milik negara Swiss ini akan memberikan akses kepada 2,5 juta nasabahnya untuk membeli, menjual, dan menyimpan Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). BTC dan ETH adalah dua cryptocurrency terbesar di dunia. Rencananya tidak hanya kedua kripto tersebut, bank juga diperkirakan akan ditambahkan lebih banyak lagi jenis token di masa depan.

Menurut laporan The Crypto Basic, Sygnum Bank akan memberikan platform perbankan B2B ke institusi keuangan, memungkinkan bank-bank tersebut memasuki pasar kripto dengan cara yang diatur dan sesuai dengan peraturan. Jaringan B2B Sygnum termasuk lebih dari 15 bank mitra dan mendukung "berbagai cryptocurrency", termasuk layanan menghasilkan pendapatan seperti staking.

PostFinance, yang sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah Swiss, adalah salah satu perusahaan jasa keuangan terbesar di negara tersebut. Perusahaan ini dikenal karena sikap pro-kripto dan telah membangun layanan perdagangan dan penyimpanan in-house, serta menerbitkan koleksi digital yang terhubung dengan perangko fisik.

Pada tahun 2021, PostFinance juga bermitra dengan platform perdagangan online Swissquote untuk mengembangkan aplikasi seluler Yuh, yang memberikan akses kepada pengguna untuk saham tradisional, pasar saham, dan lebih dari 25 cryptocurrency.

Sygnum Bank yang menggambarkan dirinya sebagai bank aset digital pertama di dunia, sepenuhnya diatur dengan lisensi perbankan Swiss. Awal tahun ini, Sygnum mengumumkan kemitraan dengan solusi scaling Ethereum zkSync Era. Kolaborasi ini akan diterapkan dalam beberapa bidang, termasuk solusi proof-of-solvency, menyediakan opsi penyimpanan bagi pengguna zkSync Era melalui node validator yang dijalankan oleh Sygnum pada protokol, dan membangun infrastruktur on-ramp dan off-ramp untuk basis klien Sygnum.

Tindakan PostFinance dalam menawarkan eksposur kripto kepada 2,5 juta nasabahnya dapat mempercepat adopsi cryptocurrency oleh pengguna keuangan tradisional. S&P Global juga sedang mencari direktur DeFi untuk mengawasi ekspansinya ke sektor keuangan terdesentralisasi yang berkembang pesat. Nasdaq juga berencana untuk meluncurkan layanan penyimpanan kripto pada akhir kuartal kedua untuk memenuhi minat dan permintaan institusi terhadap layanan kripto.