Fitur Picture-in-Picture YouTube Akhirnya Datang untuk Pengguna iOS
DOK/MacRumors

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sekian lama YouTube yang berjalan pada sistem operasi milik Apple, iOS secara resmi akan mendapatkan dukungan fitur picture-in-picture (PiP). Awalnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna berbayar alias premium saja. 

"Picture-in-Picture (PiP) memungkinkan pengguna untuk menonton video YouTube di pemutar latar belakang sambil menjelajah secara bersamaan di luar aplikasi YouTube di perangkat seluler mereka," ungkap YouTube kepada MacRumors, Minggu 20 Juni.

"Kami mulai meluncurkan PiP untuk pelanggan YouTube Premium di iOS dan berencana untuk meluncurkan PiP juga untuk semua pengguna iOS Amerika Serikat (AS)," imbuhnya.

Sebenarnya, fitur PiP ini tersedia untuk iPad sejak iOS 9 hadir, sedangkan iPhone pada kemunculan iOS 14. Tetapi, fitur tersebut tidak berfungsi dengan baik. PiP hanya bisa digunakan di iPad jika menggunakan Safari, begitupun dengan iPhone. 

Dengan adanya pembaruan ini, kesalahan itu seharusnya tidak terjadi lagi. Semua pelanggan premium di iOS nantinya dapat menggunakan fitur pada aplikasi YouTube, seperti pengguna Android.

Meski begitu, YouTube belum mengonfirmasi kapan fitur ini akan segera hadir secara global. Tetapi yang jelas, fitur ini sudah tersedia untuk pengguna premium.

Namun, diklaim fitur PiP ini dapat menimbulkan masalah baterai yang terkuras dan penggunaan data yang berlebih. Pasalnya, fitur ini membiarkan video tetap berjalan, bahkan di layar kecil, pasti akan menghabiskan baterai iPhone dengan cepat.