YouTube Segera Gulirkan <i>Update</i> Fitur untuk iOS 14
Ilustrasi (Image by Kaufdex from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Youtube sedang menguji picture-in-picture (PiP) untuk pembaruan iOS 14. Dengan fitur PiP memungkinkan pengguna untuk memutar video atau aplikasi lain secara bersamaan dalam satu layar. 

Mengutip 9to5Mac, fitur PiP telah hadir diperangkat Apple sejak iOS 9. Namun, aplikasi Youtube belum mendukung fitur PiP pada sistem operasi (OS) 14.

Rencananya, pembaruan fitur PiP untuk perangkat iOS akan diluncurkan secara bertahap dengan versi terbaru YouTube. Namun laporan lain mengatakan bahwa fitur tersebut hanya akan berfungsi untuk video saja.

Sejatinya, fitur PiP menawarkan cara untuk terus menonton video sambil membuka aplikasi lain. Pengguna dapat mulai memutar video di aplikasi dan saat mereka menutupnya, video tersebut akan terus diputar di jendela yang lebih kecil di layar.

Namun, Youtube hanya mengizinkan pengguna memutar video di latar belakang saat mereka berlangganan Youtube Premium. Sehingga, perlu berlangganan Youtube Premium untuk mendapatkan fitur tersebut.

Biaya YouTube premium sebesar 11,99 dolar ASper bulan. Tetapi jika pengguna berlangganan melalui aplikasi YouTube untuk iOS maka pengguna harus bayar 15,99 dolar AS karena adanya komisi 30 persen dari App Store.

Dengan Youtube Premium, pengguna bisa mendapatkan pengalaman menonton bebas iklan dengan dukungan pemutaran video di latar belakang. Layanan tersebut juga termasuk dengan langganan Youtube Music Premium.