Cara Mengetahui Versi iOS yang Terpasang pada iPhone, Cek Agar Selalu Update
Cara mengetahui versi iOS (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hingga saat ini, Apple sudah mengembangkan sistem operasi iOS hingga versi iOS 15. Pada setiap pembaruan, Apple senantiasa menawarkan penambahan fitur, perbaikan bugs, pembaruan desain, dan masih banyak lagi.

Bagi pengguna ponsel iPhone anyar, masalah sistem operasi mungkin tak terlalu jadi soal. Biasanya, produk yang dibeli sudah dibekali dengan sistem operasi terbaru. Sehingga tak membuat pengguna merasa repot untuk mengecek versi iOS serta memperbaruinya.

Namun, lain soal bagi pengguna iPhone seri lawas. Memastikan versi sistem operasi yang berjalan pada perangkat adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Jika tidak, Anda akan mendapati sebagian fitur, aplikasi, hingga aksesoris yang tidak bekerja secara optimal.

Cara Mengecek Versi iOS di iPhone

Saat ponsel iPhone Anda mulai lambat, banyak aplikasi yang seringkali mati atau menutup sendiri. Harap waspada. Lalu, langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan mengecek versi iOS di iPhone.

Seperti yang sudah disinggung di atas, versi iOS yang berjalan pada perangkat bisa menentukan kinerja pemrosesan perangkat. Mulai dari pemrosesan sistem, fitur-fitur utama, hingga jalannya aplikasi.

Beruntungnya, mengecek versi iOS yang terpasang pada iPhone bukanlah persoalan sulit. Anda bisa melakukannya lewat tiga langkah mudah. Berikut ini caranya:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Kemudian, ketuk menu General, lalu ketuk menu About
  3. Di dalam menu baru yang muncul, cari keterangan Software version lalu cek angka yang tertera di sampingnya

Seperti pada gambar di atas, bisa disimpulkan pada iPhone tersebut sudah menjalankan versi iOS 14.7.1. Ini adalah versi terbaru iOS yang diluncurkan perusahaan. Artinya, Anda bisa sedikit lebih tenang karena sudah banyak bug dan fitur baru yang bisa digunakan.

Cara Memperbarui iOS

Tak jarang, ada sebagian pengguna yang masih kebingungan untuk memperbarui sistem operasi mereka. Sehingga, banyak ponsel iPhone yang masih menjalankan versi iOS lawas, sekalipun perusahaan sudah meluncurkan lebih banyak versi anyar.

Padahal, perusahaan sudah menambahkan fitur Update Otomatis. Melalui fitur ini, pengguna tak perlu lagi khawatir ketinggalan versi sistem operasi. Dan jika Anda belum mengetahuinya, berikut ini cara update otomatis iOS:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Ketuk menu Software Update
  3. Di dalamnya, Anda akan menemukan menu Automatic Updates. Ketuk menu tersebut
  4. Geser toogle yang terletak di sampingnya untuk mengaktifkan fitur update otomatis

Usai sudah uraian kali ini mengenai cara mengetahui versi iOS. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk memperbarui versi aplikasi dan meningkatkan kenyamanan kala menggunakan ponsel bikinan Apple ini.