Cara Menemukan AirPods Pro atau AirPods Max yang Hilang dengan Aplikasi Find My
Cara Menemukan AirPods Pro atau AirPods Max yang Hilang (MacPoin)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apple telah menyalurkan pembaruan firmware untuk perangkat audio Airpods Pro atau AirPods Max. Dengan pembaruan tersebut, perangkat yang hilang dapat dilacak menggunakan aplikasi Find My.

Melalui aplikasi Find My, pengguna dapat melacak perangkat iPhone miliknya jika hilang, atau lupa meletakkannya di mana. Hal itu dilakukan demi menjamin keamanan produknya tersebut.

Cara kerja aplikasi Find My adalah pengguna dapat mengetahui kapan AirPods Pro atau AirPods Max mulai tidak terhubung dengan perangkat Anda. Namun, aplikasi tersebut hanya dapat digunakan di iPhone yang menjalankan iOS 15.

Untuk melacak lokasi terakhir AirPods Pro dan AirPods Max yang hilang, pengguna bisa mengaktifkan fitur Lost Mode di aplikasi Find My yang ada di iPhone Anda. Kendati demikian, pengguna tidak bisa melihat petunjuk arah untuk menghampiri lokasi AirPods Pro dan AirPods Max yang terjatuh.

Pengguna hanya diberikan pertunjuk berupa status perkiraan AirPods jatuh atau hilang kontak dengan iPhone milik Anda. Namun, ada perkiraan jarak seperti Far (jauh), Near (dekat), atau Here (disini).

Jika Anda gagal menemukan AirPods yang hilang, pengguna dapat mencantumkan pesan atau nomor telepon aktif yang dapat dihubungi jika ada orang lain yang menemukan AirPods tersebut.

Dengan demikian, orang yang menemukan AirPods dapat mengetahui siapa pemilik AirPods tersebut dan mengembalikannya. Pesan tersebut akan muncul saat perangkat coba ditautkan dengan device iOS.

Jika Anda masih bingung untuk menggunakan fitur Find My untuk mencari AirPods Pro, atau AirPods Max jika hilang, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disiapkan oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Aktifkan My Find Airpods Pro atau AirPods Max

Untuk Anda yang menggunakan produk terbaru Apple seperti iPhone 13, firmware atau aplikasi My Find telah tersedia secara otomatis dan bisa langsung digunakan.

Akan tetapi, bagi pengguna iPhone versi lama harus melakukan update secara manual terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut.

Pertama, Anda dapat membuka menu "Settings" melalui perangkat iPhone, lalu pilih "General" > "About" untuk mengecek update. Selanjutnya, pilih opsi "AirPods" untuk melihat "Firmware Version".

Jika melihat keterangan "Find My capabilities is version 4A400", itu artinya pembaruan firmware sudah tersedia di iPhone milik Anda.

Namun, apabila firmware update belum tersedia, mungkin pengguna perlu menunggu beberapa hari lagi sebelum pembaruan bisa diunduh. Anda pun tidak perlu khawatir karena Apple akan melakukan pembaharuan secara bertahap.

Jika Anda ingin mengaktifkan aplikasi tersebut, cukup cek secara berkala menggunakan langkah-langkah di atas, untuk memastikan AirPods Pro atau AirPods Max Anda lebih mudah dicari saat hilang atau lupa menaruhnya.