Cara Memasang Extension di WhatsApp Web, Supaya <i>Chat</i> Tidak Diintip Orang
Cara Memasang Extension di WhatsApp Web (StarPetrochem)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp Web menjadi salah satu solusi bagi penggunanya supaya lebih mudah menerima dan membalas pesan chat, tanpa harus memeriksa ponsel berkali-kali saat bekerja menggunakan komputer.

Namun, hal itu juga membuat orang lain lebih mudah melihat percakapan yang dilakukan penggunanya, karena layar komputer atau laptop yang besar sehingga menunjukkan tampilan WhatsApp Web.

Oleh sebab itu, pengguna tidak dapat menutup atau menyembunyikan percakapan pribadinya apabila sedang bekerja di ruangan yang terdapat banyak orang, baik teman yang dikenal atau orang asing.

Hal itu pun membuat pengguna WhatsApp Web jadi tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi untuk membuat percakapan WhatsApp Anda tidak mudah dilihat orang lain, meskipun sedang bersama orang lain di dekat Anda.

Anda dapat menggunakan ekstension pada browser seperti Google Chrome, atau Mozilla Firefox untuk membuat privasi Anda lebih aman. Jika Anda belum tahu cara menggunakannya, dapat mengikuti petunjuk yang telah disusun tim VOI berikut ini.

Cara Mengaktifkan Privacy Extension for WhatsApp Web

Salah satu ekstensi yang bisa digunakan di Google Chrome untuk membuat keamanan tambahan di WhatsApp Web Anda adalah Privacy Extension for WhatsApp Web. Saat ini, extension tersebut sudah digunakan lebih dari 60 ribu pengguna di Google Chrome.

Pengguna Google Chrome bisa mengunduh ekstensi ini secara langsung di Chrome Web Store. Sementara bagi pengguna Mozilla Firefox bisa mengunduh extension tersebut di Firefox Browser Add-ons.

Dengan menggunakan Privacy Extension for WhatsApp Web, semua daftar akun dan percakapan yang ditampilkan di layar akan menjadi buram, kecuali Anda mengarahkan kursor ke chat yang ingin dibaca.

Pengguna pun dapat mengatur apa saja yang ingin mereka buramkan. Misalnya seluruh percakapan di chat, preview media, profile picture, nama grup, atau preview pesan terbaru di daftar chat.

Untuk melakukannya Anda dapat mencari ikon puzzle di bagian kanan atas browser, kemudian pilih Privacy Extension for WhatsApp Web. Anda juga dapat dengan mudah mematikan fitur tersebut menggunakan tombol Alt + X di keyboard.

Sementara itu, jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan extension tersebut Anda dapat melepasnya dengan masuk lagi ke ikon puzzle di Google Chrome atau Mozilla Firefox, lalu klik tiga titik dan pilih Remove from Chrome.

Sebagai catatan, extension tersebut merupakan proyek mandiri dari Lukas Lenhardt dan tidak terafiliasi dengan perusahaan WhatsApp Inc. Meskipun begitu, pihak Google Chrome menyatakan Privacy Extension for WhatsApp Web tidak mengambil data apapun dari penggunanya.