Bagikan:

JAKARTA - Google telah mengumumkan peluncuran pengalaman baru "Find My Devices" yang membantu pengguna dengan mudah menemukan perangkat Android mereka yang hilang serta barang-barang sehari-hari lainnya.

Pengalaman baru Find My Devices ini akan tersedia untuk perangkat Android di seluruh dunia, dimulai di AS dan Kanada. Dengan jaringan baru yang melibatkan lebih dari satu miliar perangkat Android, Find My Devices dapat membantu Anda menemukan perangkat Android yang hilang dan barang-barang sehari-hari dengan cepat dan aman. Berikut adalah lima cara Anda dapat mencobanya:

  1. Menemukan Perangkat yang Tidak Terhubung ke Internet: Anda dapat menemukan ponsel dan tablet Android yang kompatibel bahkan ketika tidak terhubung ke internet. Anda dapat membuatnya berdering atau melihat lokasinya pada peta di aplikasi, bahkan saat perangkat tersebut offline. Pemilik Pixel 8 dan 8 Pro juga dapat menemukan perangkat mereka meskipun mati atau baterainya habis.
  2. Melacak Barang Sehari-hari dengan Tag Bluetooth: Mulai bulan Mei, Anda dapat melacak barang sehari-hari seperti kunci, dompet, atau koper dengan tag pelacak Bluetooth dari Chipolo dan Pebblebee dalam aplikasi Find My Devices. Tag-tag ini, dirancang khusus untuk jaringan Find My Devices, akan kompatibel dengan peringatan pelacak yang tidak dikenal di Android dan iOS untuk melindungi dari pelacakan yang tidak diinginkan.
  3. Menemukan Barang di Dekat: Jika Anda berada dekat dengan perangkat atau barang sehari-hari yang hilang, tombol "Temukan di Dekat" akan muncul untuk membantu Anda melacaknya lebih akurat.
  4. Menentukan Perangkat di Rumah dengan Nest: Aplikasi sekarang menunjukkan jarak perangkat yang hilang dengan perangkat Nest di rumah Anda, memberikan titik referensi yang mudah.
  5. Berbagi Aksesori dengan Teman dan Keluarga: Anda dapat berbagi aksesori seperti kunci rumah, remote TV, atau koper dengan teman dan keluarga melalui aplikasi. Ini memungkinkan semua orang menjaga mata pada barang yang dibagikan dan membagi tugas dengan mudah jika ada yang hilang.

Find My Devices aman secara default dan dirancang untuk privasi. Proteksi multi-lapisan yang dibangun ke dalam jaringan Find My Devices membantu menjaga keamanan dan privasi informasi pribadi Anda, sambil memberikan Anda kontrol atas perangkat yang terhubung ke jaringan Find My Devices.

Ini termasuk enkripsi data lokasi ujung ke ujung serta pelaporan lokasi perangkat yang diagregasi, fitur keamanan yang memberikan perlindungan tambahan terhadap pelacakan yang tidak diinginkan.  

Find My Devices baru kompatibel dengan perangkat yang menjalankan Android 9+. Pelajari lebih lanjut tentang perangkat yang kompatibel dengan Find My Devices dan semua cara jaringan Find My Devices dapat membantu Anda menemukan perangkat atau barang yang hilang. Dan perhatikan pembaruan perangkat lunak yang akan datang untuk headphone dari JBL, Sony, dan lainnya, yang akan segera bergabung dengan jaringan Find My Devices.