Bagikan:

JAKARTA – Google meluncurkan jaringan Find My Device pada April lalu untuk mempermudah pelacakan item yang diberi tag atau perangkat lain yang kompatibel. Namun, fitur ini masih memiliki tahapan yang rumit.

Saat ingin menggunakan fitur jaringan di Find My Device, pengguna harus selalu memasukkan kata sandi akun Google. Ini merupakan langkah yang penting untuk menjaga keamanan, tetapi juga menyulitkan bagi beberapa pengguna.

Sebenarnya, Anda bisa memilih opsi Jangan Tanya Lagi agar aplikasi berhenti meminta kata sandi. Namun, opsi ini sangat tidak disarankan karena orang yang memiliki akses ke ponsel Anda bisa memeriksa lokasi perangkat yang ditandai.

Oleh karena itu, untuk menyederhanakan proses verifikasi keamanan, Google akan meluncurkan fitur buka kunci dengan autentikasi biometrik. Dikutip dari Android Police, fitur ini sudah hampir siap dan Google akan merilis ke versi publik dalam waktu dekat.

Selain menghadirkan fitur autentikasi biometrik, Google juga sedang mengerjakan fitur Penguncian Jarak Jauh di aplikasi tersebut. Fitur ini akan membantu Anda dalam mengunci ponsel yang sedang hilang atau sulit ditemukan.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon dan menyelesaikan tahapan keamanan. Setelah itu, perangkat yang sedang dicari akan langsung terkunci sehingga siapa pun tidak akan bisa mengakses perangkat Anda.

Fitur ini akan diluncurkan bersamaan dengan pembaruan Layanan Google Play. Kabarnya, Penguncian Jarak Jauh baru tersedia di akhir tahun ini dan akan kompatibel dengan perangkat yang memiliki sistem Android 10 ke atas.