Bagikan:

JAKARTA – YouTube menggunakan cara baru dalam memberantas para pengguna pemblokir iklan. Jika sebelumnya tayangan video akan mengalami delay, kini video akan langsung melompat ke bagian akhir.

Hingga saat ini, YouTube belum mengonfirmasi bahwa mereka sengaja melakukan hal tersebut. Namun, beberapa pengguna yakin bahwa masalah ini hanya terjadi kepada pengguna yang masih memakai alat pemblokir iklan.

Menurut laporan beberapa pengguna, dikutip dari 9to5google, video YouTube yang diputar akan melompat ke bagian akhir secara tiba-tiba. Saat video diputar ulang, tanpa perlu memuat halaman, video akan tetap melompat ke bagian akhir.

Ini merupakan tantangan baru bagi para pemblokir iklan yang masih ingin menonton video YouTube secara gratis tanpa iklan. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mematikan pemblokir iklan.

Selain itu, beberapa pengguna di Reddit melaporkan masalah yang berbeda. Sejumlah pengguna mengatakan bahwa video tidak akan terputar saat mereka berusaha melompat ke bagian tertentu. Video akan mengalami buffering tanpa henti.

Dengan beberapa keanehan ini, banyak yang yakin bahwa masalah ini memang disengaja oleh pihak YouTube. Terlebih lagi, perusahaan itu berusaha menyingkirkan para pengguna pemblokir iklan selama beberapa bulan terakhir.

Namun, ada kemungkinan masalah ini terjadi karena alat pemblokir yang digunakan, bukan kesengajaan dari YouTube. Awal tahun ini, banyak yang menuduh bahwa YouTube sengaja memperlambat tayangan video bagi pengguna pemblokir iklan.

Rupanya, tuduhan ini tidak benar karena masalah berasal dari bug di alat pemblokir Adblock. Meski nantinya YouTube mengakui bahwa mereka bukan penyebab masalah, perusahaan itu masih mendorong para pengguna untuk berhenti menggunakan pemblokir iklan.