Bagikan:

JAKARTA – Sejak pertama kali diluncurkan, fitur voice note atau pesan suara untuk status WhatsApp hanya bisa merekam suara hingga 30 detik. Namun, fitur tersebut telah diperbarui dan durasinya berubah menjadi 60 detik.

Ditemukan pertama kali oleh WABetaInfo, perubahan durasi pesan suara untuk status ini terlihat setelah aplikasi WhatsApp diperbarui. Pengguna bisa langsung membuka tab Update, mengeklik ikon pensil di atas ikon kamera, lalu tekan ikon suara.

Saat ditekan, pengguna akan melihat bahwa durasinya dimulai dari 60 detik. Selama merekam suara, pengguna harus tetap menekan ikonnya hingga rekaman berakhir. Jika rekaman sudah selesai, pengguna bisa mendengarkan hasilnya terlebih dahulu.

Meski banyak pengguna WhatsApp yang lebih nyaman menggunakan fitur pesan suara di ruang obrolan, pembaruan ini tetap berguna bagi sebagian pengguna. Durasi ini akan lebih memperjelas informasi yang ingin disampaikan.

Sayangnya, seluruh pengguna harus memperbarui aplikasi WhatsApp mereka untuk mendengarkan pesan suara berdurasi 60 detik yang diunggah oleh pengguna lainnya. Tanpa diperbarui, pesan suara tidak akan bisa diputar.

Bagi pengguna yang sudah menggunakan versi WhatsApp terkini di Android dan iOS, pembaruan ini akan langsung terlihat di dalam aplikasi. Namun, untuk pengguna yang belum melihat pembaruannya, mereka harus menginstal pembaruannya terlebih dahulu.

Meski sudah diperbarui ke versi terkini, sebagian pengguna mungkin belum melihat perubahan durasi dari fitur pesan suara untuk status. Pasalnya, fitur ini masih diluncurkan secara bertahap hingga beberapa hari mendatang.