Bagikan:

JAKARTA – YouTube Music meluncurkan fitur baru untuk mempermudah pencarian musik. Hanya dengan bersenandung, bersiul, bernyanyi, atau memutar rekaman lagu, pengguna bisa mencari lagu yang diinginkan.

Fitur baru dalam bentuk ikon gelombang ini akan terlihat saat pengguna mengetuk ikon pencarian di sudut kanan atas. Sebelumnya, halaman pencarian hanya memperlihatkan ikon mikrofon, tetapi kini ikon gelombang berada di samping ikon mikrofon.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna hanya perlu mengetuk ikon gelombang. Saat halaman pencarian muncul dengan warna yang dinamis, pengguna bisa langsung bersenandung, bernyanyi, atau bersiul hingga lagu yang dicari muncul.

Hasil pencarian akan muncul dengan keterangan judul lagu beserta kategori albumnya, nama penyanyinya, serta tahun lagu tersebut diluncurkan. Jika lagunya sudah tepat, pengguna bisa mengeklik tombol Mulai atau tombol Simpan yang terlihat di bagian bawah.

Berdasarkan laporan The Verge, fitur ini bekerja dengan cepat jika dibandingkan dengan fitur yang sama di aplikasi Shazam. Setelah bersenandung atau bernyanyi, YouTube Music akan langsung mengidentifikasi dan mencari lagu yang sesuai.

Secara keseluruhan, fitur ini hampir bekerja secara akurat. Hanya saja, karena cakupan lagu yang begitu luas dan beberapa lagu memiliki kesamaan nada atau lirik, terkadang YouTube Music menampilkan lagu yang tidak sesuai.

Fitur ini akan sangat berguna jika lagu yang dicari memang terkenal dan banyak didengarkan oleh pengguna YouTube Music lainnya. Setidaknya, fitur ini bisa sangat membantu jika pengguna lupa dengan judul lagu yang mereka dengarkan di jalan.

Saat ini, fitur pencarian lagu dengan cara bersenandung baru tersedia di YouTube Music untuk perangkat Android, meskipun belum di seluruh negara. Dalam waktu dekat, fitur ini akan tersedia secara luas di iOS.