Bagikan:

JAKARTA – YouTube Music menguji fitur pengunduhan lagu dan podcast untuk didengarkan secara offline pada akhir bulan Februari. Fitur yang diuji untuk YouTube Music versi situs web ini akhirnya diluncurkan.

Ditemukan pertama kali oleh 9to5google, situs web YouTube Music kini memberi tahu para penggunanya bahwa mereka memiliki fitur baru. YouTube Music akan menampilkan pesan, "Baru! Unduh musik untuk didengarkan secara offline."

Pesan ini secara khusus diarahkan ke bagian Perpustakaan. Setiap kali pengguna YouTube Music mengunduh lagu atau episode podcast yang mereka inginkan, versi offline-nya akan tersimpan di dalam Perpustakaan dan bisa diputar kapan pun.

Perlu diingat bahwa YouTube Music hanya bisa mengunduh lagu atau episode podcast di 10 perangkat. Pengunduhan di versi situs web ini akan mengurangi jumlah perangkat yang sudah ditentukan oleh YouTube Music.

Untuk menggunakan fitur pengunduhan ini, pengguna harus berlangganan paket Premium terlebih dahulu. Setelah itu, buka lagu atau episode podcast yang diinginkan, kemudian cari tombol pengunduhan di samping menu Simpan ke Perpustakaan.

Meski pengguna bebas mengunduh dan mendengarkan hasil unduhan kapan pun, YouTube Music  menjelaskan bahwa, "Unduhan tetap tersedia selama perangkat Anda memiliki koneksi internet aktif, setidaknya sekali setiap 30 hari."

Jika pengguna merasa bahwa fitur ini membuat memori penyimpanan mereka penuh, seluruh lagu atau episode podcast yang telah diunduh bisa dihapus. Pengguna hanya perlu membuka Pengaturan dan membuka menu Unduhan untuk menghapusnya.

Fitur pengunduhan ini sudah diluncurkan secara luas sejak 29 Maret. Namun, fiturnya belum tersedia di seluruh perangkat. Untuk saat ini, pengguna hanya bisa menggunakan fiturnya di versi aplikasi YouTube Music.