Situs Website YouTube Music Akan Tambahkan Fitur Pengunduhan Lagu Offline
YouTube Music kembangkan fitur pengunduhan lagu (foto: dok. Google)

Bagikan:

 

JAKARTA - Pengguna YouTube Music di desktop akan merasa kesulitan untuk mendengarkan lagu secara offline. Pasalnya, layanan streaming musik itu tidak menyediakan aplikasi di desktop. 

Untuk menggunakan YouTube Music dalam bentuk aplikasi di desktop, pengguna hanya bisa mengandalkan fitur Aplikasi Web Progresif (WPA) yang ada di berbagai browser. Namun, aplikasi ini tetap tidak menghadirkan kemampuan pengunduhan lagu. 

Sepertinya, YouTube ingin mengatasi kekurangan ini. Dibandingkan dengan meluncurkan aplikasi asli untuk desktop, YouTube Music akan menambahkan fitur pengunduhan lagu di situs web mereka. Fitur ini pertama kali ditemukan oleh salah satu pengguna Reddit. 

Mengutip dari 9to5google, YouTube Music tidak menampilkan fitur pengunduhannnya secara gamblang. Untuk melihat fiturnya, pengguna harus membuka situs web Youtube Music terlebih dahulu, kemudian matikan konektivitas jaringan yang sedang digunakan. 

Saat membuka halaman Perpustakaan, tempat daftar putar lagu dan aktivitas pemutaran terakhir tersimpan, tautan tidak akan dimuat karena tidak ada internet. Layanan streaming itu akan menampilkan deskripsi, "Musik dan podcast yang Anda unduh akan muncul di sini."

Tampilan halaman dan deskripsi ini mirip dengan tampilan pengunduhan di situs web YouTube. Halaman ini juga menampilkan fitur Pengaturan Unduhan dan Menghapus Unduhan, tetapi fitur untuk mengunduh lagunya belum ditambahkan oleh YouTube.

User Interface (UI) Ini masih dikembangkan oleh YouTube dan belum ada informasi kapan fiturnya akan diluncurkan. Namun, berkaca pada fitur pengunduhan di aplikasi YouTube Music atau situs website YouTube, fitur pengunduhan offline membutuhkan layanan Premium.