Startup AI Jasper Akuisisi Clipdrop dari Stability AI
Clipdorp. aplikasi pembuat gambar AI. (foto: x @clipdropapp)

Bagikan:

JAKARTA -  Startup asisten penulisan Amerika Serikat, Jasper, telah mengakuisisi Clipdrop, sebuah aplikasi foto yang didukung kecerdasan buatan dari Stability AI. Ini dilakukan, saat Jasper memperluas penawarannya di luar pengeditan teks ke foto.

Kesepakatan tersebut, yang tidak diungkapkan secara rinci, menandai pembalikan strategi bagi Stability AI, sebuah startup berbasis di London yang dikenal dengan model kecerdasan buatan generasi gambar, yang mengakuisisi Clipdrop kurang dari setahun yang lalu.

Dalam pernyataan melalui email, Emad Mostaque, CEO di Stability AI, mengatakan kesepakatan ini akan memungkinkan perusahaan untuk terus fokus pada pengembangan "model terbuka terkini".

Didirikan pada Juli 2020, Clipdrop berbasis di Paris menggunakan model kecerdasan buatan sumber terbuka untuk memungkinkan pengguna menghasilkan dan mengedit foto. Perusahaan ini telah mendapatkan investasi awal dari Air Street Capital sebelum dijual kepada Stability AI pada Maret 2023 dengan jumlah yang tidak diungkapkan. Saat itu, Clipdrop mengatakan memiliki lebih dari 15 juta pengguna.

"Ini adalah cara yang bagus bagi kami tidak hanya untuk memperluas kemampuan produk, memperluas talenta kecerdasan buatan kami, tetapi juga memperluas jejak kami ke Eropa," kata Timothy Young, CEO Jasper.

Jasper dan Stability AI termasuk di antara pengguna dan investor dalam kecerdasan buatan generatif, sebuah area yang diisi oleh ChatGPT OpenAI.

Kedua perusahaan telah mengumpulkan lebih dari 100 juta dolar AS (Rp1,5 triliun) dari investor ventura dengan valuasi miliaran dolar, dan sekarang mencoba membuktikan bahwa mereka dapat mempertahankan pertumbuhan dalam perlombaan yang cepat dengan startup lain dan perusahaan teknologi besar.

Jasper, yang dikenal dengan alat penulisan berbasis AI-nya, telah melihat pemutusan hubungan kerja dan perubahan CEO saat mencoba fokus melayani perusahaan, bukan konsumen, dalam setahun terakhir. Perusahaan berencana untuk menawarkan Clipdrop melalui platformnya, sambil tetap tersedia sebagai produk mandiri.