Bagikan:

JAKARTA – Progressive Web App (PWA) atau aplikasi web YouTube Music mendapatkan peningkatan selama beberapa bulan terakhir. Google telah menambahkan beberapa fitur baru dan meningkatkan fungsionalitasnya.

Selama bertahun-tahun, PWA YouTube Music hanya bisa digunakan untuk mendengarkan lagu secara online. Jika pengguna ingin mendengarkan lagunya secara offline, mereka harus menggunakan situs web atau aplikasi seluler YouTube Music.

Namun, dilansir dari 9to5google, Google telah menambahkan fitur offline di aplikasi web YouTube Music pada Maret lalu. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengunduh lagu dan memutar lagunya meskipun tidak ada konektivitas jaringan.

Selain menambahkan fitur offline, Google mengubah desain dari album dan daftar putar di PWA YouTube Music. Sejak Juni lalu, Google mengubah tata letak tampilannya untuk menonjolkan sampul dan informasi album atau daftar putar.

Google juga mengubah warna latar belakang sampul yang sebelumnya berwarna solid menjadi gradien yang disesuaikan. Di samping sampul dan informasi album atau daftar putar, pengguna akan melihat deretan lagu dengan tampilan yang berbeda.

Selain itu, aplikasi YouTube Music yang diubah ke jendela potret akan menampilkan miniplayer di bagian bawah, mirip dengan tampilan di dalam aplikasi. Miniplayer ini akan terus muncul meskipun pengguna keluar dari halaman Now Playing.

Dengan berbagai perubahan ini, tampilan aplikasi web YouTube Music untuk desktop terlihat jauh lebih bagus dibandingkan dengan versi PWA di ponsel. Sepertinya, Google hanya ingin fokus dengan versi aplikasi di Android dan iOS.