Bagikan:

JAKARTA – Pemutaran musik di latar belakang merupakan salah satu keunggulan dari berlangganan YouTube Music Premium. Namun, para pengguna YouTube Music gratis di Kanada masih merasakan fitur tersebut.

Dilansir dari Android Police, kemampuan untuk memutar musik dari latar belakang ini akan dihilangkan pada 8 Juli mendatang. Kabar dihapusnya kemampuan ini dibagikan langsung oleh Google dengan mengirimkan pesan ke email pengguna.

Setelah fitur pemutaran latar belakang ini dihapus, pengguna di Kanada akan mendapatkan fitur yang sama dengan YouTube Music di negara lain. Jika ingin kembali mendengarkan YouTube Music tanpa gangguan, mereka harus berlangganan.

Pemutaran latar belakang merupakan salah satu kekurangan dari aplikasi YouTube Music Premium, tidak seperti paket gratis di Spotify. Ketika pengguna beralih ke aplikasi lain, musik yang sedang diputar akan langsung berhenti.

Cara satu-satunya untuk memutar musik tanpa berhenti adalah dengan tetap membuka aplikasi. Alternatif lainnya, pengguna bisa menggunakan situs web YouTube Music. Namun, cara ini lebih nyaman digunakan di laptop.

Dibandingkan dengan menghadirkan dukungan pemutaran di latar belakang, Google lebih memilih meluncurkan fitur baru bagi pengguna gratis. Fitur ini akan mengizinkan pengguna mengakses musik berdasarkan permintaan.

Selain itu, Google berencana menghadirkan akses ke tab Sampel, daftar putar yang dipersonalisasi, dan campuran. Kemampuan baru ini akan sangat berguna karena sejauh ini YouTube Music versi gratis hanya mengizinkan pemutaran acak.