YouTube Hadirkan <i>Year in Review</i> Musik di Tahun 2020
Tampilan YouTube Music Year in Review 2020 (9to5Google)

Bagikan:

JAKARTA - Mengikuti jejak Spotify Warpped, platform YouTube Music juga menghadirkan fitur serupa. Pengguna YouTube Music bisa menampilkan daftar lagu yang didengarkan telah didengarkan dalam Year in Review 2020.

Mengutip laman 9To5Google, fitur ini dapat digunakan oleh pengguna YouTube Music premium maupun gratis. Pengguna cukup masuk ke aplikasi dan akses daftar 2020 Year In Review yang telah dipersonalisasikan.

Adapun tiga kategori daftar kilas balik yang bisa dilihat yakni My 2020 Year in Review, Top Songs of 2020, dan Top Pop 2020. Ketiganya disesuaikan berdasarkan minat dan favorit dari pengguna.

Serupa dengan Spotify Wrapped, 2020 Year in Review juga menampilkan playlist terpopuler sepanjang 2020. Di sana, pengguna dapat langsung mengetahui artis, lagu, dan genre musik teratas yang mereka gemari.

YouTube Music mengkategorikan berbagai genre, mulai dari pop, rock, indie, hip-hop, dan lainnya. Perbedaannya dari Spotify Wrapped, 2020 Year in Review tidak terlalu merinci data lain, seperti total durasi yang dihabiskan sepanjang 2020. 

Tampilan YouTube Music (9to5Google)

Sebagai informasi, YouTube Music sendiri merupakan aplikasi streaming lagu mirip Spotify. Pelanggan gratis bisa streaming musik lewat aplikasi tersebut secara gratis dengan diselingi iklan. Bagi yang tidak ingin melihat iklan, mereka bisa membayar biaya berlangganan.

Di sisi lain, perbedaannya dengan Spotify, layanan musik milik Google ini tidak hanya menyediakan audio namun juga video. Pengguna bisa beralih dari audio ke video atau sebaliknya, bahkan saat lagu terputar.