Bagikan:

JAKARTA – Google menambahkan kemampuan membuka halaman web dengan mode picture-in-picture ke dalam Chrome. Dengan Kemampuan baru ini, pengguna bisa beralih ke halaman lain tanpa menutup aplikasi.

Diumumkan di blog Chromium, fitur baru ini disebut sebagai Tab Kustom yang Diminimalkan. Menurut Google, fitur yang akan dirilis secara default di Chrome versi M124 akan mempermudah transisi antara aplikasi atau konten web lainnya.

"Dengan satu ketukan sederhana pada tombol bawah di toolbar Chrome Custom Tabs, pengguna dapat meminimalkan Tab Kustom menjadi jendela picture-in-picture yang ringkas dan mengambang," kata Google.

Fitur ini hanya tersedia jika pengembang menambahkan kemampuan tersebut ke dalam aplikasinya. Saat membuka aplikasi yang kompatibel, pengguna akan melihat ikon tanda panah ke bawah di bagian atas layar, tepatnya di samping ikon bertanda silang.

Jika pengguna mengetuk panah tersebut, halaman web yang sedang dibuka akan diperkecil dan terlihat seperti kotak kecil mengambang di bagian kanan bawah layar. Jendela tersebut dapat diketuk kembali untuk menjelajahi halaman webnya lagi.

"Integrasi yang lancar ini memungkinkan multitasking di berbagai platform, sehingga meningkatkan pengalaman penjelajahan web dalam aplikasi. Dengan mengetuk jendela mengambang, pengguna dapat dengan mudah memaksimalkan tab," jelas Google.

Sesuai dengan penjelasan perusahaan tersebut, fitur ini memang sangat berguna jika pengguna ingin menjelajahi aplikasi tanpa kehilangan halaman web yang sedang dibuka. Fitur ini hanya tersedia di aplikasi seluler yang mendukung browser Chrome.