Cara Membuat Grup Tab di Google Chrome
Cara membuat grup tab (foto: dok. Google) 

Bagikan:

JAKARTA – Grup tab merupakan fitur yang dikembangkan oleh Google untuk mengelompokkan beberapa tab di Chrome. Fitur ini berguna untuk memisahkan situs web berdasarkan kategori atau kebutuhan. 

Fitur grup tab ini bisa diakses di aplikasi Chrome untuk desktop. Jika Anda terganggu dengan tab yang terlalu banyak, Anda bisa mencoba fitur tersebut. Berikut ini cara menggunakan grup tab Chrome, dikutip dari The Verge. 

Pertama, Anda harus membuka website apa pun di Chrome. Setelah itu, pilih salah satu web yang ingin dikelompokkan, klik kanan hingga beberapa menu terlihat, kemudian pilih Tambahkan Tab ke Grup dan klik Grup Baru. 

Berikutnya, ketik nama grup yang diinginkan, pilih warna grup tab atau gunakan warna default, lalu tekan Return. Jika Anda menekan Return sebelum mengetikkan nama grup, Anda akan mendapatkan grup tab tanpa nama. 

Untuk menambahkan tab lainnya ke dalam grup, Anda bisa mengeklik tab yang diinginkan dan geser ke dalam grup tab. Jika Anda ingin melakukan hal sebaliknya, yaitu menghapus tab, Anda hanya perlu menarik tab-nya keluar. 

Sekarang, Chrome akan memperlihatkan tab yang dikelompokkan sesuai dengan kategori yang Anda inginkan. Jika Anda tidak ingin tab tersebut hilang, aktifkan Simpan Grup. Fitur ini berguna jika Anda tidak sengaja menutup aplikasi Chrome. 

Namun, jika Anda tidak sengaja menghilangkan seluruh grup tab sebelum disimpan, Anda bisa membuka Chrome kembali dan klik ikon Tab Pencarian. Setelah itu, cari tab yang terhapus di menu Baru Ditutup dan seluruh tab akan dipulihkan setelahnya.