Bagikan:

JAKARTA – Selama bertahun-tahun, Google Chrome di desktop memiliki kemampuan untuk mengubah warna dari tab Grup. Kemampuan yang sebelumnya terbatas di komputer ini akhirnya diluncurkan di Android.

Google Chrome dalam versi 127 kini menghadirkan pilihan kode warna pada tab Grup. Google meluncurkan kemampuan baru ini melalui sisi server sehingga fiturnya sudah tersedia secara luas. Pengguna tidak perlu memperbarui aplikasinya untuk melihat fitur ini.

Kemampuan baru ini sangat sederhana. Ketika pengguna membuat tab Grup untuk tujuan tertentu, mereka bisa mengingat tujuannnya dengan mengubah kode warna. Ada sembilan warna yang bisa dipilih, yaitu abu-abu, biru, merah, hijau, oranye, ungu, dan lainnya.

Kode warna yang dipilih bisa disesuaikan dengan nama tab Grup-nya. Jika pengguna ingin mengubah nama kelompok tab tersebut, mereka hanya perlu mengeklik bilah dengan judul "(jumlah) tabs", lalu hapus dan isi dengan nama yang diinginkan.

Selain menghadirkan kemampuan mengubah kode warna, Google juga akan meluncurkan kemampuan untuk menyimpan tab Grup sehingga kumpulan tab ini bisa dibuka melalui desktop. Fitur Simpan Grup akan menampilkan seluruh tab yang disimpan penggunanya.

Saat fitur ini tersedia di Android, pengguna harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan fiturnya, buka Setelan, lalu klik menu Tab. Setelah itu, pilih aktifkan Buka tab Grup Secara Otomatis dari Perangkat Lain.

Fitur ini ditemukan 9to5google di Chrome Beta versi 128. Belum diketahui apakah kemampuan Simpan Grup memang akan diluncurkan di versi 128. Namun, fitur ini sudah pasti akan diluncurkan karena Simpan Group sudah tersedia di versi desktop.