Google Tingkatkan Kinerja Chrome 10 Persen Lebih Cepat
Ilustrasi Google Chrome (Image by 200 Degrees from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Google menggulirkan sejumlah pembaruan untuk browser Chrome. Update ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas penggunanya dengan kinerja browser menjadi lebih cepat dari sebelumnya. 

Secara spesifik, Google memungkinkan pengguna untuk membuka lebih banyak tab yang ada di Chrome. Update ini menjanjikan peningkatan performa hingga bisa memuat halaman 10 persen lebih cepat tanpa mengurangi kinerja tab yang telah terbuka. 

"Saat Anda memeriksa satu demi satu tugas dari daftar tugas Anda, menunggu bahkan beberapa detik saat tab dimuat dapat memperlambat Anda," ujar Google, dikutip dari The Verge, Kamis, 27 Agustus.

Pembaruan ini dihadirkan untuk menjawab keluhan pengguna Chrome yang sering membuka banyak tab sekaligus. Menurut direktur teknik Google Chrome, Max Christoff, dari feedback yang didapatkan Google merombak cara kerja Chrome dan memungkinkan pengguna untuk mengecilkan dan memperluas grup tab mereka, sehingga pengguna bisa lebih fokus pada tab yang diakses.

"Kami melihat peningkatan tidak hanya dalam kecepatan pemuatan tetapi juga penghematan baterai dan memori," ungkapnya.

Chrome juga menambahkan pratinjau tab (dalam versi beta saat ini), yang akan menampilkan thumbnail situs web di setiap tab saat pengguna mengarahkan kursor ke atasnya.

Dukungan PDF juga dijanjikan semakin canggih. "Selama beberapa pekan ke depan, Anda akan dapat mengisi formulir PDF dan menyimpannya langsung dari Chrome. Jika Anda membuka file lagi, Anda dapat melanjutkan bagian terakhir yang Anda tinggalkan," ujar Google.

Fitur baru lainnya yang juga digulirkan Google untuk browser Chrome termasuk pengenalan user interface bagi pengguna layar sentuh pada laptor convertible atau 2-in-1 yang memiliki mode tablet. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk berpindah tab lewat sentuhan