Yuk <i>Update</i> Google Chrome, Biar Internetan Enggak Lelet Lagi
Google Chrome mendapat pembaruan agar tidak lelet lagi (Android Authority)

Bagikan:

JAKARTA - Peramban Chrome besutan Google biasanya kerap memakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit sehingga membuatnya lelet. Mengatasi masalah itu, Google menggulirkan pembaruan browser Chrome versi 89 untuk Mac, Windows, dan Android.

Melalui update terbaru ini, Google memakai PartitionAlloc untuk menyelesaikan masalah konsumsi memori yang dilakukan oleh Chrome. Dengan hadirnya PartitionAlloc diklaim bisa memperbaiki peramban yang rakus memori itu.

Sebagai informasi PartitionAlloc merupakan sistem alokasi ruang penyimpanan yang meliputi latensi, sekuriti, dan efisiensi. Google mengklaim bahwa memori yang berhasil dihemat hingga 22 persen pada update peramban di Windows 10. Sedangkan 8 persen untuk renderer, dengan penghematan 3 persen untuk kinerja GPU.

Tidak hanya itu, Google juga mengatakan bahwa peramban Chrome besutannya itu saat ini lebih “pintar” dan mampu membebaskan berbagai ruang penyimpanan yang dikonsumsi peramban dengan memangkas memori yang tidak terpakai pada tab foreground.

“Chrome sekarang bisa membebaskan (memori) hingga 100 MiB per tab, atau lebih dari 20 persen di beberapa situs populer,” kata Mark Chang selaku Manajer Produk Chrome seperti yang dilansir dari 9to5Google, Senin, 15 Maret.

Pembaruan itu juga berlaku untuk Chrome 89 di MacOS. Meskipun demikian, peningkatannya tidak sebesar yang diterapkan di Windows. Di MacOS sendiri, Google mengklaim bisa mengurangi penggunaan memori sampai 8 persen.

Apple Energy Impact dalam hal tab di latar belakang ini bisa mendapat peningkatan sejumlah 65 persen sehingga bisa turut mengurangi suara bising kipas dan panas komputer besutan Apple.

Hadirnya update untuk Android juga diklaim lebih hemat dan stabil 5 persen dan 7,5 persen lebih cepat dari sebelumnya ketika startup. Sedangkan untuk Chrome versi mobile diklaim 13 persen lebih banter dari sebelumnya dengan memanfaatkan Freeze-Dried Tab atau versi entengnya.

Versi lebih ringan ini memang memiliki tampilan seperti tab untuk screenshot namun bisa diklik, zoom, dan scroll. Tab Freeze-Dried ini dihadirkan Google guna mempercepat tampilan tab.