Google Maps Sekarang Bisa Mode Gelap-Gelapan!
Mode Gelap pada Goole Maps (Google)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak hal yang membedakan Android 10 dengan varian sebelumnya. Selain dari segi penamaan, Google juga sudah menambahkan banyak fitur anyar. Salah satunya adalah Mode Gelap.

Penggunan bisa mengubah tampilan dan cahaya latar belakang layar melalui fitur ini. Dari yang semula cerah atau berwarna putih. Jadi lebih redup dengan cahaya layar berwarna hitam. Jenis pembaruan yang disambut penuh suka cita oleh pengguna dan penggemar Android.

Sayangnya, saat pertama kali diluncurkan, Mode Gelap Android hanya mendukung untuk beberapa aplikasi saja. Selain halaman utama, Mode Gelap juga bisa diaktifkan pada beberapa aplikasi bawaan Android. Seperti YouTube, Chrome, Gmail, Drive, hingga Play Store.

Sementara itu, aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp dan Instagram belum bisa mendukung mode layar ini. Bahkan, aplikasi Google Maps juga belum bisa diubah tampilannya. Menjadi kekurangan yang membuat Mode Gelap terasa kurang penuh. Kurang utuh.

Mode Gelap untuk Maps dan Pembaruan Lainnya

Selama dua tahun ini, Google sudah beberapa kali memperbarui fitur ini. Sehingga fitur pengubah warna layar ini bisa diterapkan pada berbagai aplikasi ketiga. Seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, hingga Gojek.

Kemarin, Selasa, 23 Februari, The Verge melaporkan bahwa Google akhirnya merilis pembaruan Mode Gelap untuk semua ponsel Android. Pembaruan sejenis sebenarnya sudah pernah diluncurkan perusahaan pada bulan September 2020 lalu. Tapi terbatas untuk beberapa perangkat Android saja.

Melalui pembaruan ini, seluruh ponsel Android bisa mendapatkan tampilan gelap pada aplikasi Google Maps. Menjadikan Android punya tampilan mode gelap yang lebih utuh.

Cara mengaktifkan Mode Gelap pada Maps tidaklah sulit. Kamu bisa mengaksesnya melalui menu pengaturan aplikasi, dan mode gelap terletak di bawah menu Tema.

Tidak hanya itu, Google juga meluncurkan pembaruan untuk beberapa fitur yang sudah dikenal. Seperti dukungan fitur Password Checkup untuk ponsel lawas serta update fitur pada Android Auto.

Mengutip penjelasan perusahaan pada laman Dukungan Google,  Android Auto merupakan kumpulan beberapa aplikasi yang bisa diakses melalui layar ponsel maupun layar mobil sehingga memudahkan pengguna untuk membukanya selama berkendara. Contoh aplikasi yang terdapat dalam Android Auto antara lain navigasi, maps, aplikasi pesan, aplikasi telepon, serta aplikasi musik.