Bagikan:

JAKARTA - Google Maps telah menyebar fitur mode gelap di beberapa aplikasi yang berjalan di sistem operasi Android 11. Salah satunya platform Google Maps yang kini mendukung opsi mode gelap atau dark mode.

Perubahan tersebut dirilis secara bertahap dari sisi server. Di mana sebelumnya pembaruan versi 10.51.1 terbaru Google Maps tidak cukup menjalankan opsi tema gelap 

Menurut laporan 9to5Google, Kamis 1 Oktober, pengaturan tampilan di aplikasi Google Maps akan memungkinkan pengguna mengatur opsi tema gelap tanpa batas waktu atau menyesuaikan pengaturan dengan tema sistem universal yang sedang digunakan pada ponsel Android.

Tampilan mode gelap di Google Maps (dok. 9to5Google)

Begitu tersedia, fitur dark mode bisa dipilih dari menu baru "Appearance" yang ada di Settings. terdapat tiga opsi tampilan yang ditawarkan, yakni Light theme (terang), Dark theme (gelap), dan Default.

Versi gelap ini akan menampilkan latar belakang peta berwarna paling gelap, sedangkan jalan akan ditampilkan dengan warna abu-abu terang. Sementara teks, pin dan ikon tetap bisa terlihat dengan jelas. Meskipun dengan versi gelap, teks, pin, dan ikon tetap memiliki warna yang lebih cerah.

Ada pula pengaturan mode malam secara otomatis yang aktif saat matahari terbenam ketika pengguna menavigasi melalui terowongan. Namun, pengaturan tersebut tidak berlaku saat pengguna hanya menjelajahi peta.

Perlu diingat, update dark mode ini baru digelontorkan Google untuk pengguna dalam jumlah terbatas. Belum diketahui kapan Google mulai menyebar fitur ini secara luas.