Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja memperbarui Antarmuka Pengguna (UI) pada palet warna aplikasi Maps-nya di seluler dan desktop, yang mendapatkan banyak komentar terlihat mirip Apple Maps.

Pembaruan yang masih dalam uji coba ini, menandakan Google telah selangkah lebih maju untuk pada akhirnya meninggalkan tampilan Maps tradisionalnya.

Perubahan terbesar yang mungkin terlihat adalah warna blok kota atau jalan yang dulunya berwarna abu-abu serta putih, kini menjadi putih dan abu-abu.

Jalanan dengan warna abu-abu gelap yang digunakan untuk melambangkan jalan tol dan jalan bebas hambatan langsung mengingatkan pada Apple Maps.

Ada juga warna kuning yang digunakan untuk jalan raya, sekarang digunakan untuk membatasi jalur dengan kemacetan sedang.

Perairan seperti danau, sungai, atau sungai, telah diganti Google dari warna lavender kebiruan menjadi warna biru kehijauan.

Sebaliknya, warna semak dan hutan memiliki rona kebiruan, menghilangkan warna hijau daun menjadi warna hijau zamrud desaturasi.

Bilah bawah di Google Maps juga lebih pendek dari sebelumnya, dengan kurangnya tema dinamis Material You. Untungnya, antarmuka web dan UI mode gelap di perangkat seluler sama sekali tidak berubah.

Menurut laporan, Apple Maps juga kedapatan mengadopsi fitur Google Maps, di mana perusahaan mengizinkan pengguna mengunduh peta.

Peta itu nantinya dapat diakses pengguna secara offline. Fitur ini terlihat di pembaruan perangkat lunak iOS 17 yang akan hadir pada September mendatang, seperti dikutip dari CNET dan Android Police, Senin, 4 September.