3 Tahun Absen, Google Maps Hadir Lagi di Apple Watch
Ilustrasi Google Maps (Image by Renate Köppel from Pixabay )

Bagikan:

JAKARTA - Sekian lama absen, Google Maps bakal hadir kembali di Apple Watch. Dalam beberapa minggu ke depan, Google akan meluncurkan pembaruan aplikasi untuk perangkat Apple. 

Melansir dari Engadget, Google Maps tiba-tiba saja menghilang tiga tahun lalu dari Apple Watch. Hal itu juga dialami aplikasi lain, termasuk Amazon, eBay, dan Target. 

Meskipun belum jelas alasannya kenapa aplikasi tersebut ditiadakan dalam Apple Watch. Namun saat itu, Apple memang sedang mengembangkan layanan peta digitalnya, yakni Apple Maps.

Tampilan Google Maps di Apple Watch (dok. Google)

Terakhir kali Google Maps ada di Apple Watch pada 2017. Kali ini, Maps akan menjadi aplikasi mandiri yang bakal tersedia di toko aplikasi Apple Watch dengan sedikit perubahan iterasi, ketika pengguna iPhone harus mengunduh aplikasi iOS Google Maps dan menggunakannya sebagai ekstensi tambahan di jam tangan Apple itu.

Google Maps juga menambahkan fitur split-screen untuk Apple CarPlay agar para supir dapat melihat arah pada bagian sebelah layar, dan musik, podcast, juga kalender pada sisi lain. Artinya, pengguna Apple Watch dapat melakukan apa saja dengan Google Maps tanpa perlu menggantinya ke Apple Maps sebagai bawaan default Apple Watch.  

Sejarah Buruk Apple Maps

Apple Maps mempunyai sejarah yang buruk dalam menghadirkan penunjuk arah bagi penggunanya, sejak pertama kali diluncurkan pada 2012 lalu. Tak jarang, banyak penggendara yang salah jalan atau alamat karena mengikuti arahan aplikasi peta digital buatan Apple itu. 

Tampilan Google Maps di Apple Car Play (dok. Apple)

CEO Apple Tim Cook, bahkan harus turun tangan dan meminta maaf soal masalah yang dialami Apple Maps. Dirinya sampai terpaksa merekomendasikan aplikasi peta digital lain, sembari memperbaiki layanan Apple Maps.

Melansir dari Business insider, Apple telah menggelontorkan banyak uang untuk memperbaiki layanan peta digitalnya. Setidaknya Apple mengivenstasikan miliaran dolar AS atau triliunan rupiah agar bisa menyaingin kompetitornya Google Maps.

"Apple telah menghabiskan miliaran dolar untuk membenahi layanan aplikasi peta digital Apple Maps," ucap vice president of corporate law, Kyle Andeer seperti dikutip VOI, Selasa, 26 November.