Kabar Gembira! Google Assistant Segera Hadir Pengguna Galaxy Watch 4
Google Assistant segera hadir di Samsung Galaxy 4 (foto: dok.samusng)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik bagi pemilik Samsung Galaxy Watch 4, bahwa penantian telah berakhir. Google Assistant akhirnya kini tersedia untuk diunduh mulai hari ini.

Google Assistant untuk Wear OS 3 tersedia untuk diunduh di Google Play Store dan dapat diluncurkan dari menu aplikasi Galaxy Watch 4 dan Watch 4 Classic. Namun, Anda juga dapat menggunakan perintah suara untuk membuka Google Assistant atau memprogram ulang tombol beranda jam tangan sebagai pintasan.

Pembaruan ini sudah lama muncul. Ketika Google dan Samsung pertama kali mengumumkan Wear OS 3, perusahaan berjanji bahwa platform terpadu akan memberi pengguna jam tangan pintar Samsung lebih banyak pilihan dalam aplikasi.

Sebelumnya, jam tangan pintar Samsung berbasis Tizen hanya dapat menawarkan Bixby sebagai asisten digital. Idenya adalah Wear OS 3 akan membiarkan konsumen memilih antara Bixby dan Google Assistant. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi seperti Google Pay.

Google Assistant telah absen dari Galaxy Watch 4 sejak diluncurkan tahun lalu. Terlepas dari rasa frustrasi para pengguna, Google dan Samsung belum menyatakan secara jelas tentang kapan Asisten akan tiba, mereka hanya mengatakan "segera hadir."

Namun, jelas penantian itu akan segera berakhir menjelang Google I/O tahun ini. Pertama, Verizon secara tidak sengaja menyiratkan bahwa Google Assistant sudah tersedia di log pembaruan pada akhir April.

Beberapa hari kemudian, Samsung mengunggah video teaser ke YouTube yang menunjukkan Google Assistant di Galaxy Watch 4. Kemudian, tepat setelah keynote Google I/O awal bulan ini, Samsung mengonfirmasi bahwa Google Assistant akan tiba musim panas ini.

Satu-satunya hal yang "mengejutkan" tentang pengumuman tersebut adalah seberapa cepat halitu tiba setelah I/O. Di I/O, Google menekankan akan menyertakan lebih banyak layanan Google pada Pixel Watch yang akan datang saat diluncurkan musim gugur ini dan sulit membayangkan Pixel Watch tanpa Google Assistant.