Mengintip Tampilan One UI Watch, OS Antarmuka Baru di Galaxy Watch 4
Tampilan One UI Watch (SamMobile)

Bagikan:

Dalam pameran teknologi Mobile World Congress (MWC), Samsung merilis sistem operasi antarmuka terbaru untuk perangkat smartwatch. Diberi nama One UI Watch, antarmuka ini dibandung berdasarkan OS jam tangan pintar Wear OS.

Samsung menyatakan bahwa penerapan antarmuka ini membuat jam tangan pintar bikinannya lebih kaya fitur. Tak hanya itu, smartwatch yang didukung One UI Watch juga diklaim memiliki performa yang lebih baik ketika terhubung dengan HP Android.

Mengutip XDA Developer, ada beberapa keunggulan One UI Watch dan membuatnya berbeda dengan antarmuka berbasis Wear OS pada umumnya. Dibandingkan antarmuka milik perusahaan sebelumnya, yakni Tizen OS, One UI Watch didesain dengan tampilan yang mirip dengan One UI pada ponsel Samsung.

Tak hanya itu, aplikasi yang mendukung antarmuka ini juga lebih banyak. Beberapa aplikasi populer yang bisa Anda gunakan contohnya seperti Strava, Adidas Running, Spotify, Google Maps, Calm, hingga youTube Music.

Perusahaan juga menegaskan bahwa One UI Watch mampu mengoptimalkan daya baterai dengan performa yang jauh lebih kencang. Dan keunggulan inilah yang ditanamkan perusahaan pada smartwatch terbarunya. Yakni Galaxy Watch 4.

Tingkatkan Tampilan Antarmuka Pengguna

Peningkatan paling kentarayang bisa langsung disaksikan pengguna pada Galaxy Watch 4 adalah tampilan antarmuka. Hal ini sesuai dengan tujuan kerja sama yang antara Google dan Samsung –yang ingin meruntuhkan dominasi Apple Watch di industri global.

Tampilan smartwatch yang dibikin mirip dengan smartphone juga memiliki tujuan sendiri. Menurut penjelasan Samsung, yakni untuk menciptakan ekosistem antara smartphone dan smartwatch yang lebih terintegrasi.

Dalam acara tersebut, Samsung turut memamerkan beberapa kemampuan anyar dari antarmuka ini. Salah satunya seperti kemampuan untuk memasang aplikasi secara otomatis. Saat pengguna memasang aplikasi tertentu di ponsel, maka aplikasi tersebut juga terpasang di smartwatch.

Terakhir, One UI Watch juga bisa melakukan sinkronisasi waktu secara otomatis dengan pengaturan yang ada di ponsel. Sehingga, pengguna pun tak perlu khawatir jika ada selisih waktu yang ditunjukkan antara ponsel dan smartwatch.

Sayangnya, informasi seputar Galaxy Watch 4 masih sebatas bocoran saja. Pasalnya, perusahaan baru berencana meluncurkan smartwatch anyarnya ini pada gelaran Galaxy Unpacked mendatang.