Huawei Punya Petal Maps untuk Gantikan Google Maps
Aplikasi Petal Maps (dok. Huawei)

Bagikan:

JAKARTA - Huawei makin serius untuk lepas dari ketergantungan Android. Mengingat sanksi dari Amerika Serikat (AS) yang membuat ponselnya tak bisa lagi memakai aplikasi resmi Google. 

Bersamaan dengan rilisnya Mate 40, Huawei memperkenalkan aplikasi peta digital miliknya, yakni Petal Maps. Aplikasi tersebut akan menggantikan layanan Google Maps yang telah absen dari Huawei sejak seri Mate 30.

Aplikasi peta digital merupakan layanan dari ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) Core. Petal Maps dikembangkan bersama platform TomTom Go Navigation untuk menghadirkan navigasi penunjuk arah layaknya Google Maps. 

Dikutip dari Forbes, Petal Maps menyediakan tampilan peta digital di 140 negara dan sebagian di antaranya sudah menyertakan informasi mengenai kondisi lalu lintas. Kemudian ada pilihan untuk melihat lokasi termasuk bangunan dalam bentuk 3 Dimensi.

"Petal Maps merupakan indikasi jelas dari keinginan Huawei untuk menciptakan sesuatu yang kelas dunia tanpa Google," tulis Forbes, Senin, 26 Oktober.

Sebelumnya, Huawei juga telah merilis Petal Search yang kini diberi fungsi baru untuk mengenali konten bergambar. Petal Search dikembangkan untuk menggantikan fungsi Google Seach yang memang tak lagi hadir diperangkat terbaru Huawei.

Mesin pencari ini juga terintegrasi dengan layanan AppGaleri Huawei, sebagai alternatif cara lain untuk menemukan dan mengunduh aplikasi. Aplikasi ini akan mencari apk untuk aplikasi yang dicari dari berbagai sumber, baik dari AppGallery maupun penyedia apk pihak ketiga.