Begini Cara Menginstal Aplikasi Google ke Ponsel Huawei
Ilustrasi (XDA Developer)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti diketahui, jajaran ponsel terbaru Huawei tak lagi mendapatkan layanan Google Mobile Service (GMS). Lantaran Huawei masuk dalam daftar perusahaan yang dicekal oleh Amerika Serikat (AS).

Kendati Huawei telah menghadirkan Huawei Mobile Services (HMS) Core dan sederet aplikasi alternatif untuk menggantikan Google. Sejumlah pengguna perangkat Huawei merasa kurang sreg dan masih terasa ribet dengan sebagian orang yang belum terbiasa tanpa Google. 

Kabar baiknya, seorang anggota forum XDA Developer dengan nama akun bender_007, telah berhasil menemukan cara agar ponsel Huawei dapat mengakses layanan Google. Dijuluki Googlefier, aplikasi ini dapat menginstal aplikasi Google ke smartphone Huawei dan Honor.

Mengutip laman XDA Developer, aplikasi ini bisa menyediakan file APK yang dapat diunduh dan diintal ke perangkat Huawei atau Honor. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa men-download Googlefier di SINI.

Panduan Googlefier di Huawei (XDA Developer)

Googlefier ini menggunakan metode LZ Play yang akan mengganti aplikasi cadangan yang ada dan memulihkannya kembali. Aplikasi ini sudah populer semenjak Huawei Mate 30 yang tak lagi dibekali layanan Google. 

Pada dasarnya, Googlefier akan menginstal layanan dasar pada perangat, seperti Google Play Store dan layanan GMS lainnya. Setelah terhubung ke akun Google, perangkat seperti Huawei bisa mendapatkan kembali semua aplikasi Google lainya yang dibutuhkan.

Dalam forum XDA Developer, bender_007 telah berhasil menguji aplikasi Googlefier di perangkat Huawei P40 Pro dan MatePad Pro yang menjalankan EMUI 10. Ada sedikit catatan untuk menggunakan aplikasi ini, jika pengguna telah memperbarui software di perangkat mereka ke EMUI 11 maka Googlefier tak akah berfungsi. 

Catatan tambahan lainnya, aplikasi Googlefier memulai proses dengan cara reset pabrik atau factory reset, jadi pastikan untuk mencadangkan semua data, file, pesan, dan sebagainya sebelum Anda melanjutkan langkah berikutnya.