Xiaomi Hadirkan Pengisian Daya Cepat Nirkabel 80W
Tangkapan layar Xiaomi Mi 10 Pro dengan pengisian daya nirkabel 80W (YouTube XIaomi)

Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi kembali ikut bersaing di jajaran teknologi pengisian daya cepat. Dengan menghadirkan teknologi pengisi daya nirkabel pertamanya yang berkapasitas 80W.

Mengutip GizChina, Senin 19 Oktober, Xiaomi memperlihatkan sebuah video promosi singkat dari Mi 10 Pro menggunakan teknologi pengisian daya 80W. Artinya pengisian daya untuk baterai 4.000mAh hingga 50 persen dapat dilakukan dalam waktu delapan menit dan 100 persen dalam waktu 19 menit.

Wakil presiden Grup Xiaomi, Zeng Xuezhong mengatakan Xiaomi menyesuaikan khusus arsitektur dan chip pengisian daya nirkabel yang lebih efisien. Pengisi daya ini hadir dengan desain sistem koil komposit independen.

Teknologi nirkabel ini juga menggunakan baterai pengisian cepat multi-pole MTW, baterai seri 6C ganda, disertai dengan kontrol arus variabel multi-stage. Lebih lanjut, perangkat ini mendukung pengisian cepat MiFC.

Zeng melanjutkan, basis pengisian nirkabel juga menggunakan kipas senyap berkecepatan tinggi. Artinya, teknologi pengisian itu dapat mengisi daya secara efisien tanpa terdengar suara apa pun.

Pengisi daya ini adalah perangkat berdaya tinggi yang menghasilkan panas rendah selama proses berlangsung. Pada saat yang sama, ia masih dapat mempertahankan lebih dari 90 persen kapasitas efektif setelah 800 pengisian dan pengosongan selesai tanpa mengorbankan kesehatan baterai.

Sebelumnya, Oppo juga menggunakan teknologi pengisian daya 65W yang dapat mengisi baterai 4.000mAh dalam 30 menit. Syangnya teknologi tersebut belum diimplementasikan ke perangkat komersial.

Sejauh ini, Huawei dan Xiaomi memang berkompetisi untuk menghadirkan teknologi pengisian daya cepat. Namun untuk teknologi pengisian daya nirkabel kedua vendor besar itu masih mengembangkan perangkatnya untuk bisa menyaingi perusahaan lain.

Di mana OnePlus 8 Pro berhasil menghadirkan teknologi pengisian daya nirkabel pada opsi 30W. Sedangkan Apple yang menghadirkan teknologi MagSafe untuk lini iPhone 12 yang bisa mengisi daya secara wireless hingga 15W.

Tentunya dengan kehadiran teknologi pengisian nirkabel yang mampu menghantarkan daya 80W akan merubah arus pasar. Sehingga vendor lain akan mulai bersaing untuk menghadirkan teknologi serupa atau di atasnya.