Ternyata <i>Wireless Charger</i> MagSafe iPhone 12 Juga Berfungsi di Galaxy Z Fold 2
Wireless charger MagSafe juga berfungsi di Samsung Galaxy Z Fold 2 (Android Police)

Bagikan:

JAKARTA - Apple telah meluncurkan iPhone 12, termasuk dengan aksesoris pengisian daya nirkabel terbarunya, MagSafe. Menariknya wireless charger milik Apple itu juga bisa digunakan untuk mengisi daya bagi Samsung Galaxy Z Fold 2.  

MagSafe sendiri merupakan aksesoris yang dijual terpisah oleh Apple untuk mendukung fitur pengisian daya nirkabel di iPhone 12. Hal tersebut cukup mengejutkan karena semula MagSafe hanya akan berfungsi untuk iPhone 12 saja.

Melansir Android Police, perangkat MagSafe sendiri mengusung teknologi kumparan magnet yang disematkan di bagian belakang iPhone 12 dan akan terhubung saat mengisi daya. Ternyata MagSafe juga berfungsi ketika diletakkan di Samsung Galaxy Z Fold 2.

Hal tersebut mungkin terjadi karena kumparan magnetik untuk pengisian daya nirkabel juga ada di Samsung Galaxy Z Fold 2. Artinya wireless charger MagSafe milik Apple itu juga dapat berfungsi pada semua perangkat yang kompatible dengan pengisian daya baterai nirkabel Qi.

Kumparan magnetik di iPhone 12 (dok. Apple)

Selain Galaxy Z Fold 2, MagSafe juga berfungsi normal di Google Pixel 5. Proses dan lama waktu pengisian daya baterai tak secepat Samsung atau Apple. 

Tak hanya Apple, kompetitor lain juga sedang mengembangkan perangkat dan teknologi pengisian daya baterai secara nirkabel. Sebut saja Xiaomi yang baru saja mengumumkan teknologi wireless charging berdaya 80W.