Apple Punya Aksesoris <i>Wireless Charging</i> MagSafe untuk iPhone 12
IPhone 12 dengan wireless charging (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple resmi memluncurkan empat model iPhone 12. Tak hanya membawa jaringan 5G, raksasa cupertino ini juga membawa teknologi baru untuk pengisian daya iPhone 12. 

Dikutip dari The Verge, Rabu 14 Oktober, Apple memperkenalkan teknologi MagSafe yang disematkan disemua lini iPhone 12. Berbekal teknologi magnet yang bisa menyelaraskan daya untuk pengisian nirkabel yang lebih cepat hingga 15W.

Cara kerja MagSafe yakni menggunakan pin magnetis untuk menghubungkan kabel pengisi daya dengan perangkat, dan paling dikenal sebagai aksesori penting untuk MacBook. Sehingga MagSafe bisa langsung dipergunakan disemua lini iPhone 12 Mini hingga Pro Max.

Aksesoris wireless charging ini dijual terpisah oleh Apple. Mengingat Apple memang sudah tak lagi memberikan port kepala charger dalam kotak penjualan iPhone 12.

Teknologi wireless charger MagSafe di iPhone 12 (dok. Apple) 

Meski mendukung teknologi pengisian nirkabel, bukan berarti pengguna iPhone 12 tak bisa mengisi daya secara konvensional. Apple masih menyematkan kabel lightning Type C yang bisa digunakan untuk mengisi daya. 

Sejatinya, teknologi pengisian nirkabel telah diperkenalkan Apple sejak iPhone 8 diluncurkan pada 2017 lalu. Di mana saat itu, iPhone 8 mendukung pengisian nirkable dengan menggunakan prosedur standar Qi dengan daya 7,5W.