iPhone 12 akan Dijual Tanpa EarPods di Kotak Penjualannya
Ilustrasi paket penjualan iPhone 12 (dok. MacRumors)

Bagikan:

JAKARTA - iPhone 12 memang belum dirilis oleh Apple. Tapi rumor jika Apple mengubah isi aksesoris dari paket penjualan iPhone 12 kian santer beredar. 

Setelah sebelumnya beredar rumor jika Apple tak akan menyertakan charger dan kabel lightning dalam paket penjualan iPhone 12. Kini mengutip MacRumor, Apple dikatakan tidak bakal menyertakan EarPods dalam kotak ponselnya. 

Hal itu diketahui saat pembaruan iOS 14.2 untuk versi pengembang aplikasi. Disebutkan jika iOS menambahkan disclaimer mengenai paparan frekuensi radio (RF) yang memberikan beberapa peringatan keselamatan bagi pengguna tentang cara menggunakan perangkat dan aksesori yang disertakan.

Peringatan itu hanya berisi kata "headphone" dan bukan "headphone yang disediakan." Pernyataan itu menunjukkan jika Apple akan merilis iPhone baru yang tidak disertai EarPods.

"Untuk mengurangi paparan energi RF, gunakan opsi handsfree, seperti speakerphone internal, headphone yang disertakan atau aksesori serupa lainnya," kutip MacRumors, Rabu 30 September. 

Apple juga menyebutkan bila perangkatnya hanya akan mendukung opsi handsfree, seperti speakerphone internal, headphone atau aksesori serupa lainnya yang didukung iPhone 12.

Hal ini membuktikan bocoran dari analisis Ming-Chi Kuo yang pernah mengatakan jika Appla tak akan menyertakan EarPod dalam paket penjualan iPhone 12. Di mana Apple berencana untuk menjual aksesoris secara terpisah.

Rumor itu juga terbukti ketika Apple hanya menjual jam tangan pintarnya, Apple Watch Series 6 dan SE tanpa disertai port pengisian daya. Apple berdalih bahwa ini merupakan cara untuk melindungi lingkungan. 

Di mana mereka juga mengklaim bahwa sebagian besar pengguna sudah memiliki port pengisi daya yang kompatibel. Sehingga aksesoris tersebut tak akan disertai lagi dalam paket penjualan.  

Sebagai informasi, iPhone 12 rencananya akan meluncur pada pertengahan Oktober. Hanya saja untuk model tertinggi baru akan tersedia di toko sebulan setelahnya, Apple juga akan menambahkan dukungan jaringan 5G untuk model iPhone 12 Pro.